Pemerintah Bahas Masalah Penyediaan Air Bersih

Sumber:sindonews.com - 24 November 2014
Kategori:Air Minum
Para menteri Kabinet Kerja hari ini berkumpul untuk membahas masalah penyediaan air bersih yang dinilai sebagai salah satu aspek penting dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut menjadi perhatian pemerintah dengan melaksanakan acara Indonesia Water Learning Week.

Direktur Jenderal Sumberdaya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU Pera) Mudjiadi menerangkan bahwa dalam acara ini akan dibahas terkait permasalahan pemanfaatan air di Indonesia.

"Pesatnya pertumbuhan ekonomi dan urbanisasi saat ini telah menyebabkan semakin tingginya konflik di antara berbagai penggunaan air," ujarnya dalam acara tersebut di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (24/11/2014).

Permasalahan pemanfaatan air ini, yakni memburuknya kualitas air yang disebabkan polusi limbah industri, rumah tangga dan perkotaan, penurunan permukaan tanah akibat penggunaan air besar-besaran yang kurang bijaksana, hingga meningkatnya bahaya banjir akibat penataan sanitasi yang buruk.

"Untuk itu diperlukan pengelolaan sumber daya air terpadu untuk mengatasi tantangan terhadap sektor sumberdaya air di Indonesia," katanya.

Dalam kaitannya pada kegiatan ekonomi, kondisi ini jelas penting untuk diperhatikan mengingat eratnya berbagai kegiatan produksi pada ketersediaan air yang berhubungan langsung maupun tidak langsung.

Menurutnya, hubungan antara air, pangan dan energi sangat terkait erat. Sejauh ini sektor pertanian adalah konsumen terbesar dari pasokan air. Air juga digunakan untuk menghasilkan listrik.

"Pengembangan solusi berkelanjutan akan mengarah pada peningkatan pembangunan ekonomi, sehingga air harus dilihat sebagai sektor yang penting," jelad dia.

Direncanakan hadir dalam acara ini adalah Menteri PU Pera Basuki Hadimuljono, Menteri PPN Andrinof A Cahniago, Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Nila Moelok.

Acara ini juga menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya Menteri PU Era Kbinet Indonesia Bersatu Djoko Kirmanto, Direktur Utama PT Krakatau Tirta Industri Tonno Sapoetra, Rektor Universitas Parahayangan Robertus Wahyudi Triweko, dan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas Deddy Supriadi Priatna.

Acara yang terselenggara berkat kerjasama antara Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kementerian PPN, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, Kementerian PU Pera, Kementerian ESDM dan Asian Defelopment Bank akan berlangsung selama 3 hari pada 24-26 November 2014.


Post Date : 24 November 2014