Sosialisasi Promosi Cuci Tangan Pakai Sabun/Bahan Pengganti Sabun

Penerbit:Yogyakarta: UPKM/CD RS Bethesda dan SIMAVI, 2011
Seri:Modul STBM-Cuci Tangan Pakai Sabun/Bahan Pengganti Sabun
Halaman:46 hal + tabel + gambar, 22 cm
No. Klasifikasi:363.72 SOS
Kata Kunci:Panduan, Promosi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), CTPS, Air Bersih
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Petunjuk

Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah cuci tangan pakai sabun (CTPS), dimana CTPS ini merupakan perilaku hidup sehat yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran penyakit menular seperti diare. infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan flu burung.

Saat ini perilaku CTPS tidak hanya menjadi perhatian negara-negara berkembang saja akan tetapi menjadi perhatian negara-negara maju yang masyarakatnya masih sering lupa untuk melakukannya. Agar masyarakat selalu berperilaku CTPS maka kegiatan ini perlu disosialisasikan dengan baik. Adapun kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan adalah penyatuan konsep untuk menyatukan persepsi berbagai pihak terkait, kegiatan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan masyarakat, mobilisasi sumber daya yang dapat mendukung pelaksanaan setiap kegiatan, fasilitas dan pendampingan dalam setiap tahap kegiatan. Hal ini bertujuan agar tercipta rasa memiliki oleh masyarakat atas hasil suatu kegiatan/pembangunan.

Agar rencana kegiatan dapat berjalan dengan lancar maka dibuatlah buku ini yang bertujuan untuk memperkenalkan pengetahuan perilaku hidup sehat khususnya CTPS dan mendorong masyarakat untuk praktek CTPS. Adapun isi dari buku ini diantaranya adalah perkrnalan, kontrak belajar dan harapan, pengertian CTPS, pentingya CTPS, factor-faktor yang mempengaruhi masyarakat enggan melakukan CTPS, mengapa dalam cuci tangan harus pakai sabun (praktek) dan jenis-jenis bahan antiseptic pengganti sabun, waktu penting untuk melakukan CTPS, siapa dan mulai kapan mengenalkan CTPS, pilihan-pilihan sarana CTPS, praktek CTPS, promosi dan kampanye CTPS, encana program/aksi CTPS dan evaluasi pelatihan.

 



Post Date : 20 Maret 2013