Proyek untuk Sanitasi Lebih Baik di Masa Depan

Sumber:tempo.co - 18 November 2014
Kategori:Sanitasi

Dira Noveriani, 17 tahun, relawan organisasi nirlaba yang menyediakan pendidikan berkualitas untuk anak-anak jalanan di Jakarta, terpilih mewakili anak Indonesia punya gagasan meraih mimpi dalam Project Sunlight dari PT Unilever Indonesia Tbk.

Dira yang mengajar matematika dan bahasa Inggris kepada anak-anak jalanan di daerah Jakarta Timur ini juga mengajarkan pengetahuan umum dan mengarahkan anak-anak tentang kebiasaan kebersihan yang layak. 

Ia mengatakan, masih banyak orang tua yang masih belum teredukasi tentang kebersihan dan menjadi salah satu kesulitan yang ia hadapi.

“Masih banyak orang tua yang mendukung setengah-setengah. Seperti, ngapain mandi dua kali sehari, kan buang-buang air atau sudah nggak usah cuci tangan kan sudah bersih. Padahal kuman nggak keliatan,” ujar gadis manis yang bersemangat dalam membantu mendidik anak-anak di Indonesia ini.

Ia bercerita, waktu mengikuti jambore, mendapati kamar mandi kotor dan air tidak mengalir. "Saya tahan pipis sampai dua hari sampai sakit," katanya. 

Dari sana ia terpikir harus melakukan sesuatu. Proyek ini mengedepankan gagasan anak untuk menginspirasi masyarakat agar mau melakukan tindakan nyata dalam upaya menciptakan hari esok yang lebih cerah.

Proyek ini merupakan perwujudan dari Unilever Sustainable Living Plan (USLP) yang bertujuan mengajak jutaan orang di seluruh dunia untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak di generasi mendatang, dengan cara menerapkan hidup yang lebih lestari. 

Data UNICEF pada tahun 2013, ribuan anak menderita dan meninggal karena penyakit yang diakibatkan oleh sulitnya mendapatkan akses untuk sanitasi yang layak dan air minum yang bersih dan higienis.



Post Date : 19 November 2014