Pemprov Deklarasikan Sanitasi Sehat Jawa Barat

Sumber:inilahkoran.com - 5 September 2013
Kategori:Sanitasi

Pemprov Jawa Barat mendeklarasikan kampanye Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Deklarasi tersebut dipimpin langsung Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka, Kota Bandung, Kamis (5/9/2013).

Tujuan digelarnya deklarasi tersebut untuk memantapkan langkah Jawa Barat menciptakan lingkungan yang kondusif, peningkatan kebutuhan, serta peningkatan penyediaan sarana untuk mendukung perubahan perilaku higienis dan akses sanitasi di Jawa Barat.

Ahmad Heryawan menuturkan, kampanye STBM sangat berperan penting karena sanitasi tidak semata diarahkan pada sarana fisik berupa pembangunan jamban sehat. Tapi juga harus didorong kesadaran masyarakat untuk berperilaku higienis.

"Beberapa perbuatan, prilaku yang dapat memutus kejadian diare adalah menghentikan buang air besar (BAB) sembarangan, pengelolaan air minum dan makanan di rumah tangga, cuci tangan dengan sabun pada waktu-waktu penting, pengelolaan limbah cair rumah tangga serta mengelola sampah rumah tangga," ujar Heryawan di Saung Angklung Udjo.

Dari data yang berhasil dihimpun, rata-rata rumah tangga di Jawa Barat yang telah mempunyai jamban sehat terdata 68,76 persen. Namun, rata-rata kejadian diare penduduk mencapai 3.428 kasus.

Dalam kesempatan tersebut hadir beberapa perwakilan pimpinan daerah dari 27 Kabupaten/Kota, seperti Wakil Bupati Sumedang, Ade Irawan, wakil wali kota Cimahi Sugiarto. Dua Kabupaten Kota tersebut sering mendapatkan penghargaan dalam sanitasi.

Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh duta sanitasi SMP di Jawa Barat. Ada enam siswa yang mendapatkan kehormatan sebagai duta, empat di antaranya dari SMP di Kota Bandung dan dua lainnya dari SMP di Indramayu.

Dalam kesempatan tersebut, ada beberapa poin deklarasi yang dibacakan langsung oleh Wakil Bupati Sumedang. Deklarasi tersebut ditandatangani langsung oleh Gubernur Ahmad Heryawan.



Post Date : 05 September 2013