Sejumlah Wilayah Terendam

Sumber:Suara Merdeka - 28 Mei 2013
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
TEGAL - Sekitar dua jam Kota Tegal kemarin diguyur hujan. Namun, sejumlah wilayah di Kota Bahari, itu baik jalan raya termasuk jalur pantura maupun permukiman terendam banjir.

Kondisi demikian, menyebabkan arus lalu lintas dan aktivitas warga terhambat. Dari pantauan, hujan lebat menyebabkan jalur pantura tepatnya di perempatan Maya depan Pacific Mall terendam hingga ketinggian air mencapai 40 cm. Arus lalu lintas harus berjalan lambat. Bahkan, sejumlah kendaraan mogok dan harus didorong ke tepi sehingga arus lalu lintas tidak tersendat.

Selain itu, sejumlah jalan protokol di Kota Tegal juga terendam banjir. Antara lain Jl Jenderal Sudirman, Jl Kartini, Jl Kapten Sudibyo, dan Jl Dr Sutomo. Air hujan juga meredam sejumlah ruas jalan di permukiman warga serta merendam rumah warga seperti di Jalan Cenderawasih, Kelurahan Randugunting, Kelurahan Debong Lor, Ke­lurahan Debong Kulon, Ke­lurahan Slerok dan Kelurahan Kraton.

Salah seorang warga Kelurah­an Kraton, Susanto (45) mengatakan, banjir terjadi karena drainase meluap tidak mampu menampung air hujan. Ketinggian genangan air mencapai sekitar 20 cm, sehingga mengakibatkan aktivitas warga terhambat dan lingkungan menjadi kumuh.  “Kami berharap Pemkot segera melakukan penanganan,” ujar­nya.

Kepala DPU Ir Gito Musriyono mengatakan, perlu dilakukan evaluasi terhadap sistem drainase di Kota Tegal.  (H17-48,15)

Post Date : 28 Mei 2013