Kabupaten Serang Ikut Lomba Teknologi Sanitasi

Sumber:bantenposnews.com - 22 Agustus 2013
Kategori:Sanitasi

Indonesia Urban Water Sanitation (IUWASH) bekerjasama dengan Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang akan menggelar  Lomba Teknologi Tepat Guna Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (TTG STBM). Kegiatan lomba teknologi tepat guna ini diselenggarakan di 10 kota/kabupaten di Indonesia, dimana Kabupaten Serang termasuk ikut terpilih didalamnya. Lomba tersebut merupakan motivasi terhadap masyarakat supaya terus berinovasi dan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

“Kegiatan lomba teknologi tepat guna STBM ini penting untuk mendukung pendekatan pengembangan STBM di wilayah perkotaan yang saat ini masih belum banyak dilakukan. Kegiatan ini akan membantu memperkaya pilihan teknologi yang sudah ada dan membuatnya terjangkau bagi masyarakat umum. Sehingga semakin banyak lapisan masyarakat yang memiliki akses sanitasi dasar lebih baik,” ujar perwakilan Badan Pembangunan Nasional (Bappenas), Nugroho Tri Utomo saat memberikan sambutan di Aula KH Syam’un, Rabu (21/8).

Ia menjelaskan, kegiatan lomba ini sendiri diharapkan bisa memicu peningkatan pencapaianMillenium Development Goals (MDGs) atau tujuan pembangunan milenium terkait peningkatan akses terhadap air minum yang aman dan sanitasi dasar, yang sudah mendekati akhir di tahun 2015. Nugroho menyebutkan, tahun 2010 akses terhadap sanitasi yang layak sudah meningkat 55,53 persen, dan meningkat lagi di tahun 2012 menjadi 57,3 persen. Artinya sudah ada kemajuan peningkatan sebesar 1,7 persen. Sementara target MDGs ditahun 2015 yang diharapkan adalah 62,41 persen.

“Jika tren ini berlanjut mudah-mudahan kita bisa mencapai target MDGs kita yang 62.41 persen. Kita berharap bisa mencapai peningkatan kemajuan per tahun 3,17 persen, sehingga dalam tiga tahun kedepan (2015) bisa mencapai 5,1 persen.  Jadi kalau dihitung, dari 57,3 persen plus 5,1 persen pada 2012 maka hasilnya bisa mencapai 62,45 persen. Jadi kita bisa melebihi sekitar 0,4 persen dari target yang ditentukan,” tambah Nugroho.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Ismanto Ismail menyatakan pihaknya menyambut baik dipilihnya Kabupaten Serang menjadi salah satu dari 10 kota yang dipilih untuk diikutsertakan dalam lomba ini.  Kegiatan lomba ini memilih Jakarta Utara, Bekasi, Serang, Bogor, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Surakarta dan Malang. Kota-kota ini dipilih karena kesiapan masyarakat dan perkembangan STBM-nya dinilai telah berjalan dengan baik.

“Kabupaten Serang telah melakukan program STBM ini sejak digulirkan oleh Pemerintah. Kita sangat serius melakukannya, sehingga pada tahun 2010 Kabupaten Serang telah ditetapkan oleh Bappenas sebagai salah satu kota/kabupaten yang mengikuti Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP) dan telah mempunyai dokumen perencanaan Strategi Sanitasi Kabupaten (SKK),” jelas Ismanto.

Ismanto menjelaskan, sejauh ini cakupan kepemilikan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Serang sudah mencapai 62,90 persen pada 2011 dengan target capaian MDGs di tahun 2015 adalah 80 persen. Sementara untuk cakupan kepemilikan jamban keluarga mencapai 42,2 persen pada 2011 dengan target capaian MDGs 69 persen.

 



Post Date : 23 Agustus 2013