Sering Tergenang, Drainase di 40 Jalan Jakarta Diperbaiki

Sumber:vivanews.com - 24 Februari 2014
Kategori:Drainase
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbaiki drainase di 40 ruas jalan nasional milik pemerintah pusat. Itu dilakukan, karena mayoritas trotoar jalan protokol di Jakarta tidak memiliki mulut air untuk saluran pembuangan.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan salah satu yang diperbaiki adalah di kawasan Jalan S Parman, Jakarta Barat, tepatnya di depan kampus Universitas Tarumanegara. Sebab, di kawasan itu airnya tidak mengalir, dan jalan selalu tergenang akibat limpahan air dari Kali Grogol.

"Ini kan kalau hujan, air larinya ke jalan karena tidak ada salurannya," kata Jokowi di Jalan S Parman, Jakarta Barat, Senin, 24 Februari 2014.

Selain memperbaiki drainase, di kawasan itu akan dipasang pompa untuk mengalirkan air yang kerap menggenang di jalan, ke Kali Grogol. Untuk mengantisipasi limpahan air dari Kali Grogol, maka tanggul di sekitar kali itu ditinggikan hingga 1,5 meter. Dan panjangnya 400 meter.

"Nah sekarang sementara ini yang dikerjakan urusan tanggul sama mulut air dulu. Ini siang malam dikerjakan. Siang malam bekerja terus, supaya cepat selesai," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Manggas Rudy Siahaan, menambahkan, selain di Jalan S Parman, masih banyak jalan lain di Jakarta yang drainasenya buruk, di antaranya Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Arteri Pondok Indah.

Untuk perbaikan drainase, rencananya akan dilakukan pembongkaran trotoar yang tidak memiliki mulut air. Menurutnya trotoar yang ada di Jakarta saat ini banyak mengutamakan keindahan bentuk dengan menghilangkan fungsi mulut air untuk drainase.

"Di trotoar itu idealnya setiap lima meter ada mulut air untuk drainase. Supaya kalau turun hujan ada jalur air untuk keluar."
 
Manggas mengatakan pengerjaan ini dilakukan secara bertahap selama kondisi cuaca baik. Karena jalan tersebut milik pemerintah pusat, maka Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, meminta izin ke Kementrian Pekerjaan Umum. "Dengan pusat Kamis sudah berkoordinasi dan pusat sudah mengizinkan untuk segera diperbaiki drainasenya," kata dia.

Post Date : 25 Februari 2014