Newsletter AMPL "Hari Air Dunia 2013, Bundaran HI Jadi Pusat Aksi Kampanye Peduli Air"

Pengarang:Redaksi Sekretariat Pokja AMPL
Penerbit:Jakarta : Pokja AMPL, 2013
Halaman:7 hal ; 30 cm
No. Klasifikasi:363.610.5 Sek h
Kata Kunci:Newsletter, Hari Air Dunia, kampanye, peduli air
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL No.Telp (021) 31904113
Kategori:Newsletter Cetak

Dengan mengusung tema International Year of Water Cooperation, Kementrian Pekerjaan Umum memperingati Hari Air Dunia ke XX yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2013.  Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu aksi kampanye peduli air di Bundaran Hotel Indonesia dengan membagikan bunga dan stiker yang berisi ajakan kepada para pengguna jalan dan pengendara kendaraan bermotor untuk melindungi dan melestarikan air.  Mujiyadi Sekretaris Direktur Jenderal Sumber Daya Alam mengemukakan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kondisi air yang kini kualitas maupun kuantitasnya mengalami penurunan akibat tingginya pencemaran.

Di tempat terpisah Komunitas Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) menyambut hari air dunia dengan mengadakan diskusi peduli air bersama komunitas pelestarian sungai dari sejumlah wilayah di Indonesia. Selain itu Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) di SMA Regina Pacis Palmemerah Jakarta menyelenggarakan kegiatan biosafari yakni pelatihan pembuatan biopori bagi pelajar di Jakarta yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian para pelajar terhadap kondisi lingkungan dan member pemahaman tambahan akan pentingnya pelestarian air.

Dalam Newsletter AMPL kali ini disajikan pula Cycloclean yaitu sepeda multi guna yang bisa mengubah air keruh menjadi air minum. Yuichi Katsuura mengatakan proses pemurnian air dengan menggunakan cycloclean ini tidak hanya mudah dan memerlukan waktu yang lama, cukup satu menit kayuhan pedal akan menghasilkan 5 hingga 6 liter air bersih.



Post Date : 27 Desember 2013