Ribuan Warga di Bantul Kesulitan Air Bersih

Sumber:viva.co.id - 14 September 2014
Kategori:Air Minum
Ribuan kepala keluarga di dua desa yang ada di Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Pertama, di Desa Srimulyo, warga yang kekurangan air bersih berada di dusun Kaligatuk, Ngelosari dan Pandean. Sedangkan kedua, di Desa Sri Martani, warga yang kesulitan air bersih berada di Dusun Rejosari dan Bulusari.

"Dari 5 dusun yang ada di dua desa tersebut setidaknya ada 1.294 kepala keluarga atau sekitar 4.000-an lebih jiwa yang kini kekurangan air bersih," kata Kepala Dusun Ngelosari, Desa Sri Mulyo, Kecamatan Piyungan, Pardiono, di sela-sela pemberian bantuan air bersih oleh PAC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul, DIY, Minggu 14 September 2014.

Menurutnya, kesulitan air bersih sudah dirasakan oleh warga semenjak awal Ramadan yang lalu sehingga tak jarang warga harus membeli air bersih dari mobil tanki.

"Bak penampungan air bersih yang berjumlah 15 unit tak lagi ada air bersihnya. Jika masih ada pasokan air bersih dari pompa air yang airnya dinaikkan dari sumber mata air tak lagi mencukupi," ujarnya.

Dengan mata pencaharian sebagai petani, warga tak mampu lagi jika harus membeli air bersih dari tanki yang harga sudah mencapai di atas Rp100.000.

"Agar mampu membeli maka warga harus bersama-sama membelinya. Jadi lebih ringan," jelasnya.

Sekretaris PAC PDI Perjuangan Kecamatan Piyungan, Supriyanto, mengatakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada warga yang tinggal di perbukitan dan gersang, PDAM rencananya akan memompa air dari Sungai Opak untuk dialirkan ke bak penampungan air bersih dan selanjutnya didistribusikan kepada warga namun rencana tersebut belum terealisasi.

"Di setiap dusun memang sudah ada pengeboran air bersih dan airnya dinaikkan dengan pompa air untuk selanjutnya ditampung di bak-bak penampungan namun karena kemarau panjang mata air yang ada semakin kecil dan tak mampu memenuhi kebutihan ratusan KK," ujarnya.

Supriyanto mengatakan jika warga masih membutuhkan air bersih karena kemarau panjang maka partainya siap melakukan pendistribusian air bersih kembali.

"Silakan warga yang kesulitan air bersih silahkan berkomunikasi dengan pengurus PAC PDI Perjuangan Piyungan," ucapnya.


Post Date : 15 September 2014