Media Internasional Sorot Masalah Sampah di Indonesia

Sumber:portalkbr.com - 12 Agustus 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Fotografer Zak Noyle punya pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan saat berjalan-jalan ke Indonesia, khususnya pulau Jawa. Noyle tengah mengambil foto peselancar Dede Surinaya di sebuah daerah terpencil ketika mereka sadar teluk tempat pemgambilan foto tersebut dipenuhi dengan sampah.
 
Padahal, teluk tersebut terletak jauh dari kota. Gelombang laut yang kuat diduga membawa sampah-sampah tersebut ke teluk itu. Noyle menceritakan pengalamannya itu kepada GrindTV.

“Sangat gila. Saya mrlihat bungkus mie instan mengambang di dekat saya. Itu hal yang sangat menjijikkan. Saya berpikir, jangan-jangan akan ada mayat manusia yang akan saya lihat sebentar lagi,”ujarnya.

Selain sampah plastik, ranting pohon juga bertebaran di dalam air. Indonesia adalah negara dengan 17.000 lebih pulau dan mengalami masalah sampah yang menimbulkan polusi kepada air.
 
Masih banyak daerah yang tidak mempunyai tempat pembuangan sampah sehingga warga kerap membuang sampah ke laut.

Penulis website The Inertia, Mark Lukach juga punya pengalaman yang sama seputar sampah ketika berkunjung ke Indonesia. Ketika itu, dia berkunjung ke Lombok.

“Fantasi saya sejak kecil langsung hancur. Saya tidak percaya, sampah ada dimana-mana. Sesuatu yang sama sekali di luar bayangan saya. Imajinasi saya tentang Lombok yang indah hilang karena tumpukan sampah yang menggunung,”kata Lukach.



Post Date : 13 Agustus 2013