Sekadau Gelar Pertemuan Program Percepatan Sanitasi Pemukiman

Sumber:antaranews.com - 16 Mei 2013
Kategori:Sanitasi

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Drs Yohanes Jhon MM membuka secara resmi penyelenggaraan  kegiatan  pertemuan yang membahas program percepatan sanitasi pemukiman (PPSP) di aula Bapeda Kabupaten Sekadau, Kamis.

Sekda Sekadau mengharapkan kegiatan pertemuan permulaan ini benar - benar dijadikan sebagai momentum dalam menjawab berbagai tantangan dan implentasi pembangunan bidang sanitasi dan penyehatan lingkungan ke depannya di wilayah kabupaten ini, sehingga dapat mewujudkan kondisi keterpaduan dan keserasian dalam pembangunan dan pengembangan penataan kawasan pemukiman yang berwawasan lingkungan dan mendukung terwujudnya Kabupaten Sekadau yang sejahtera, mandiri dan demokratis.

"Kepada SKPD (satuan kerja perangkat daerah) di lingkungan Pemkab Sekadau agar selalu berinovasi dan kreatif sehingga program yang dilaksanakan tidak monoton alias hanya bersifat rutinitas saja. Harus kreatif dan inovatif. Apalagi isu sekarang jabatan itu akan dilelang, jadi perlihatkan sekarang sikap profesional bukan menjilat. Karena kalau emas tetap emas, dimana pun dibuang dia tetap emas,” ujar alumnus S-2 Magister Manajemen ini.

Sementara itu laporan Ketua Panitia M. Farhan B yang juga Sekretaris Bappeda Kabupaten Sekadau mengatakan landasan dilaksanakannya kegiatan sanitasi pemukiman ini adalah surat edaran Menteri Dalam Nengeri nomor 660/4919/SJ tahun 2012 tentang pedoman pengelolaan program percepatan sanitasi permukiman di daerah atau PPSP. 

Dalam surat edaran tersebut kata Farhan, pemerintah daerah dapat menyusun dan merumuskan rencana pembangunan program percepatan sanitasi permukiman sebagai pedoman dan petunjuk pelaksanaan rencana strategis daerah dalam pengelolaan sanitasi dan kualitas lingkungan hidup di daerah kabupaten/kota yang menjadi sebaran sanitasi/daerah sasaran.

Dijelaskan Farhan, kick of meeting program percepatan sanitasi pemukiman (PPSP) Kabupaten Sekadau merupakan titik awal dalam memulai langkah pelaksanaan pembangunan sanitasi di wilayah kabupaten secara terintegrasi dan berkelanjutan berdasar rencana pembangunan jangka menengah daerah, urusan pengelolaan lingkungan hidup. 

Peserta yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut, para SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau.



Post Date : 16 Mei 2013