Belasan Tahun Warga Bumi Agung Konsumsi Air Limbah

Sumber:tribunnews.com - 25 April 2013
Kategori:Air Minum
Selama belasan tahun warga di Dusun Bumi Agung, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara terpaksa mengkonsumsi air limbah dari saluran siring yang ada dikawasan tersebut. Kondisi tersebut disebabkan ketidaktersiaannya air bersih dari PDAM.

Setiap hari warga harus mengkonsumsi air dari saluran siring untuk kebutuhan dapur dan MCK. Memang kondisi air limbah tidak terlalu kotor, namun banyak terlihat sampah yang ada disaluran siring tersebut.

Pantauan Sripoku.com, Kamis (2/3/2013), warga sengaja membuat lubang dijalan untuk bisa mengalirkan air dari siring kerumah masing-masing. Kondisi tersebut agar warga tidak terus harus menimbah air kesaluran siring atau drainase yang ada ditepi jalan raya.

Toni (44) warga Dusun Bumi Agung mengatakan, sudah belasan tahunb warga menggunakan air dari siring yang ada ditepi jalan dikawasan Dusun Bumi Agung tersebut. Pasalnya tidak ada aliran air bersih dari PDAM yang masuk ke permukiman warga sekitar.

"Kami sudah belasan tahun menggunakan air ini pak untuk kegiatan sehari-hari termasuk untuk Mandi Cuci Kakus (MCK). Memang kondisi airnya sering keruh dan kadang berbau. Namun daripada tidak ada air lebih baik gunakan air yang ada saja," ujarnya.

Menurutnya, kadang warga juga khawatir saat mengkonsumsi air tersebut. Karena warga takut jika terus mengkonsumsi air tersebut bisa terkena penyakit.

"Kalau takut terkena penyakit ya sudah pasti pak. Tapi apa boleh buat tidak ada sumber air lain yang bisa dimanfaatkan. Jika harus mengambil air dari sungai lokasinya sangat jauh dari permukiman kami ini pak," jelasnya.

Post Date : 26 April 2013