Kota Padang Siap Gelar Pertemuan CSS XV 2015 dan Rakernas Akkopsi VII

Sumber:minangkabaunews.com - 21 Sept 2014
Kategori:Sanitasi
Setelah berlangsung di kota Bandung, selanjutnya Kota Padang bakal menjadi tuan rumah pertemuan City Summit Sanitation (CSS) XV dan Rakernas Akkopsi VII tahun 2015.

Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Kota Padang siap menjadi tuan rumah pertemuan tersebut. Selain pertemuan itu sendiri penting bagi daerah – daerah dalam peningkatan layanan sanitasi umum, juga akan memberikan dampak pada aspek peningkatan pariwisata di Kota Padang. Apalagi, dikaitkan dengan Kota Padang sebagai tujuan MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions).

“Kita memang sedang mengembangkan Kota Padang sebagai tujuan MICE. Sehingga kegiatan – kegiatan besar skala nasional dan internasional akan kita raih pelaksanaannya di Kota Padang,” kata Mahyeldi.

Dengan menjadi tuan rumah pertemuan – pertemuan besar ini, Mahyeldi yakin, sarana akomodasi seperti hotel akan terisi, restaurant dan pusat kuliner tak akan sepi pengunjung begitu juga objek wisata yang ada, pasti akan lebih dikenal banyak orang.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Padang Hervan Bahar mengatakan, Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) saat ini beranggotakan 348. Jika seluruh kepala daerahnya hadir disertai rombongan, maka sedikitnya sebanyak 1500 orang akan berkunjung di Kota Padang.

“Jumlah itu akan mampu meningkatkan geliat ekonomi Kota Padang, sekaligus menjadi ajang promosi yang efektif terkait potensi pariwisata dan kuliner local,” kata Hervan.

Terkait hasil pertemuan CSS XIV dan AKKOPSI VI 2014 yang baru berlangsung di Kota Bandung, Hervan menjelaskan, telah melahirkan Deklarasi Bandung.

“Para Walikota dan Bupati yang tergabung dalam Akkopsi berkomitmen menuju pencapaian 100 persen akses sanitasi layak 2019 melalui beberapa butir komitmen,” tutup Hervan.


Post Date : 22 September 2014