Pemkab Purwakarta Siap Bantu Suplai Air Bersih

Sumber:inilahkoran.com - 9 September 2014
Kategori:Air Minum
Bupati Purakarta Dedi Mulyadi megatakan, pihaknya akan mengintruksikan perusahaan daerah air minum (PDAM) setempat untuk mengirimkan pasokan air bersih ke wilayah yang mengalami krisis air itu. Selain itu, pihaknya pun telah meminta PJB dan PJT II selaku pengelola Danau Cirata dan Jatiluhur mengirim pasokan air bersih kepada warga di sekitarnya.

“Kita akan kirim air bersih ke wilayah yang sudah mengalami krisis air. Selain itu, kami juga akan menekankan PJT II untuk mengerahkan armadanya dan memberikan suplai air ke daerah sekitarnya,” ujar Dedi, Selasa (9/9).

Tak hanya PJT II, pihaknya pun meminta supaya PJB Cirata bisa mensuplai air untuk wilayah sekitar yang kekurangan air. Di antaranya, Desa Batutumpang, Tegalsari, Rawasari, Citeko dan Cisarua.

“Masyarakat sekitar Waduk Cirata dan Jatiluhur itu memiliki kontribusi besar untuk ketersedian air Jakarta, ketersedian untuk listrik dan perikanan yang cukup. Tapi sangat ironis, jika di lingkungan sekitarnya justru mempunyai air yang cukup untuk sekedar masak. Jangan sampai, ada istilah orang mati di lumbung padi,” cetus dia.

Dedi mengatakan, selain mendorong kedua pengelola air itu, Dedi pun akan berupaya berkoordinasi dengan swasta. Misalnya, PT Indobharat dan PT Pasific Viscose untuk membantu daerah sekitar pabrik yang kekurangan air bersih. Apalagi, kedua perusahaan itu mampu mengelola air dari aliran Citarum menjadi air bersih.

Dedi mengaku, untuk menangani persoalan ini tidak bisa hanya ditangani pemerintah daerah, tapi perlu dukungan Pusat dan Provinsi. Untuk itu, ke depan, Dedi akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk menyelesaikan masalah krisis air di wilayah kerjanya.

“Kalau dibantu pemerintah pusat dan provinsi, saya pikir masalah ini clear. Makanya, kami akan tetap berusaha untuk menyelesaikan persoalan ini. Supaya, di tahun 2015 mendatang kasus kekurangan air tidak terjadi lagi di Purwakarta,” pungkasnya.

Seperti diketahui, krisis air bersih mulai meluas di Kabuaten Purwakarta. Hingga kini, wilayah yang diketahui mengalami kekurangan air itu sudah empat kecamatan. Salah satunya terjadi di Kampung Blok Lio, Desa Gurudug, Kecamatan Pondoksalam dan Kampung Cicariu Wetan, Desa Batu Tumpang, Kecamatan Tegalwaru. 


Post Date : 10 September 2014