Rp16 Miliar Untuk Air Bersih Dua Kecamatan

Sumber:borneonews.co.id - 16 April 2014
Kategori:Air Minum
Program air bersih masuk kecamatan itu sejalan dengan harapan masyarakat. Sebab, selama ini sebagian masyarakat di dua kecamatan kesulitan mendapatkan air bersih.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Barito Utara (Barut) Yeser Arafat membenarkan adanya bantuan dari pusat tersebut.

Dia mengatakan, bahwa setelah dilakukan pembangunan, bangunan tersebut akan menjadi aset PDAM. “Yang mengelola nanti PDAM. Saat ini, sudah mulai dikendalikan PDAM,” kata­nya.
Dia menerangkan, setiap kecamatan akan mendapat Rp8 miliar dari seluruh dana yang dikucurkan pemerintah pusat.

Instalasi air bersih dipasang tersebut mirip seperti jaringan milik PDAM. “Dipasang ke setiap rumah di desa-desa. Dan ini tahun ini akan berope­rasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya PU Baru Suparmi A Aspian mengatakan, dana bantuan pusat itu saat ini sudah tahap proses penggelontoran. 

Dia mengakui Pemerintah Kabupaten Barito Utara  selaku penerima hanya menyediakan lokasi atau tanah. Saat ini, tanah yang menjadi lokasi titik pendirian bangunan IPAIKK itu sudah didapat dari hibah masyarakat. “Semua pusat yang urus. Tanah aja kita sediakan” kata Suparmi, selas (15/4).

Menurut dia, dengan ada­nya bantuan itu, Pemkab  Barut khususnya Dinas U berterima kasih. “Keluhan masyarakat akan terjawab. Sering keluhan air bersih. Sekarang sudah mulai dibangun” kata dia.

Kedua kecamatan yang menerima bantuan air bersih itu selama ini kesulitan mendapatkan air bersih. Kseulitan itu bukan karena ketiadaan sumber air bersih. Tetapi, sumber air yang ada tidak dapat digunakan karena keruh.


Post Date : 16 April 2014