Pemko Batam Target Tekan Sampah Lima Persen

Sumber:haluanriaupress.com
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menargetkan dapat mene­kan tonase sampah rumah tang­ga hingga lima persen da­ri total sampah rumah tang­ga 840 ton per hari dalam program 3R, mengu­rangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah.

"Targetnya tidak besar, lima persen saja sudah sa­ngat bagus dari 840 ton sam­pah per hari," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Perta­manan Kota Batam Sule­man Nababan di Batam, Senin (8/12).

Ia mengakui target itu relatif lebih sedikit diban­ding target pemerintah pu­sat sebesar 20 persen. Namun, menurut dia, penekanan li­ma persen sampah rumah tan­gga di Batam sudah besar.

Masyarakat Batam ma­yo­ritas adalah pekerja yang si­buk dan lebih banyak meng­­habiskan waktu di luar ru­mah, sehingga kesulitan un­tuk ikut dalam manaje­men sam­pah dalam program 3R (Reduce, Reuse dan Recycle).

Meski begitu, Pemkot Batam terus melakukan so­sia­li­sasi kepada masyara­kat mengenai program 3R.

Pemkot juga mendorong pendirian koperasi sampah un­tuk mengelola limbah ru­mah tangga.

"Dalam peraturan, penge­lola sampah itu adalah RT dan RW, namun di Tiban, RT dan RW-nya sepakat membangun koperasi. Ini bagus, dan kami dorong dae­rah lain untuk melakukan itu juga," kata Nababan.

Koperasi bertugas me­ngangkut sampah ke "bin con­tai­ner", sekaligus mela­kukan 3R dengan memilah dan mengotak-kotakkan sam­pah.

"Harapan kami, koperasi berpartisipasi membantu sampah terpilah, sehingga yang dibuang ke TPS ber­kurang," kata dia.

Sebenarnya, kata Kepala Dinas, pihak yang paling berjasa dalam mengurangi tonase sampah di Batam adalah pemulung.

"Pemulung bisa mengu­rangi sampah sampai 30 persen," kata Kepala Dinas.

Pemulung memilah dan menggunakan kembali sam­pah yang masih bernilai ekonomis untuk digunakan kembali atau didaur-ulang.

Sayang, dalam memilah sampah masih bernilai eko­nomis pemulung kerap kali membuat lingkungan tam­bah kotor dengan menga­cak-acak sampah yang su­dah dikemas dengan baik. 



Post Date : 10 Desember 2014