Panduan Peningkatan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumah Tangga, Bagi Petugas Puskesmas

Penerbit:Jakarta : Pusat Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan RI,2009
Halaman:37 hal ; 16 cm
No. Klasifikasi:372.37 PAN
Kata Kunci:Panduan, PHBS, Petugas Puskesmas, Rumah Tangga
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Petunjuk

Peran petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sangat penting khususnya dalam peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga.  Selain itu petugas Puskesmas berperan juga untuk peningkatan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan, meningkatkan persentase peningkatan pemberian ASI Ekslusif, peningkatan kesadaran untuk menimbang bati dan balita dan peningkatan ketersediaan air bersih. 

Peran lain yang menjadi tanggung jawab petugas Puskesmas adalah peningkatan penggunaan jamban sehat, peningkatan kesadaran perilaku cuci tangan pakai sabun, peningkatan pemberantasan jentik di rumah, peningkatan melakukan aktifitas fisik setiap hari, serta peningkatan tidak merokok di dalam rumah.

Untuk memperlancar pelaksanaan peran-peran tersebut, petugas Puskesmas melaksanakan pemberdayaan kepada masyarakat  dengan harapan masyarakat dapat turut serta dalam mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan setiap individu, keluarga dan lingkungannya secara mandiri dan mengembangkan upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat.



Post Date : 21 April 2014