Indonesia Tuan Rumah World Toilet Summit 2013

Sumber:Jurnal Nasional - 24 Juli 2013
Kategori:Sanitasi
Isu sanitasi merupakan masalah yang perlu diperhatikan semua pihak karena berkaitan dengan seluruh kegiatan manusia. Sanitasi yang tidak sehat berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit. Karena itu, kampanye sanitasi sehat harus terus digalakkan. Saat ini hanya sekitar 55 persen penduduk Indonesia yang menikmati akses sanitasi sehat.

Naning Adiwoso, Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) mengatakan sanitasi di lingkungan komersial kurang mendapat perhatian dari para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat penggunanya. "Padahal kalau seluruh tempat umum memenuhi standar sanitasi yang baik, dampak positifnya sangat besar," kata Naning dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (23/7).

Dicontohkan, sebuah tempat wisata atau restauran dengan sanitasi yang baik tentu akan ramai dikunjungi karena memberi kenyamanan dalam hal sanitasi. Sehingga dampak nilai ekonomis juga diberikan pada akses sanitasi yang baik.

"Data BPS memperlihatkan lebih kurang 100 juta penduduk masih belum memiliki akses sanitasi yang baik. "Selain itu 63 juta penduduk Indonesia tercatat masih melakukan praktik buang air besar sembarangan di sungai, danau, laut, dan daratan," ujarnya.

Hal ini disebabkan masalah urbanisasi dan janji akan kehidupan yang lebih baik di perkotaan sehingga mendorong generasi muda di daerah datang bekerja di kota besar. Data ATI menyebutkan tahun 1971, jumlah penduduk di perkotaan hanya 17 persen dari total populasi penduduk. Namun pada 2011, angkanya telah melonjak meningkat 50 persen.

Dalam buku Proyeksi Penduduk Indonesia tercatat tingkat urbanisasi diperkirakan akan mencapai angka 68 persen pada tahun 2025. Bahkan empat provinsi di Jawa yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Banten diperkirakan memiliki tingkat urbanisasi lebih dari 80 persen pada 2025. Praktik BAB sembarangan yang dilakukan oleh penduduk rural juga patut menjadi perhatian.

Untuk membahas masalah sanitasi dan menggalakkan kampanye toilet sehat, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumahWorld Toilet Summit 2013. World Toilet Summit 2013 akan digelar pada 2-4 Oktober 2013, di Solo, Jawa Tengah. "Tahun ini mengangkat tema Rural Meets Urban Sanitation, World Toilet Summit bertujuan memberdayakan masyarakat dalam peningkatan sanitasi yang lebih baik, guna mengurangi kemiskinan, mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan bersih baik di pedesaan maupun perkotaan," katanya. Musdalifah Fachri

Post Date : 24 Juli 2013