Diare Jadi Penyakit Tertinggi yang Diderita Pasien Rawat Inap

Sumber:liputan6.com - 28 Maret 2013
Kategori:Air Limbah

Meski kelihatannya sepele, diare justru menempati posisi teratas dalam daftar 10 penyakit terbanyak yang diderita pasien rawat inap di rumah sakit di Indonesia.

Menurut Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), Prof. dr. Umar Fachmi Achmadi, MPH, PhD, salah satu cara yang harus dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan cuci tangan pakai sabun (CPTS).

"Penyakit itu tidak hanya dapat tertular dari udara, tapi juga tangan. Jadi, cuci tangan untuk mengurangi itu," kata Fachmi dalam acara 'Lifebuoy dan Dokter Umum Upayakan Promotif-Preventif Cegah Penyebaran Penyakit Infeksi Menular untuk Keluarga Indonesia yang Lebih Sehat', di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2013)

"Meskipun bisa lewat udara, tapi tanganlah yang menjadi sumber penularan penyakit infeksi tersebut," tambahnya.

Secara medis, cuci tangan pakai sabun telah terbukti mencegah tingkat kejadian penyakit infeksi menular. Hasil riset menunjukkan, CTPS dapat mencegah tingkat kejadian penyakit infeksi menular seperti diare sampai 50 persen, dan ISPA hingga 45 persen.

Peningkatan budaya CTPS di keluarga Indonesialah sangat penting, karena penyebaran penyakit infeksi menular masih menjadi tantangan kesehatan keluarga Indonesia, kata Fachmi.

Untuk membantu mewujudkannya, PT Universal Indonesia TBK, membuat teknologi 'Aktiv Naturol Shield' di dalam sabun pembersih yang dapat menghasilkan 10 kali perlindungan yang lebih baik dari kuman dan 10 kali lebih merawat kulit.

 



Post Date : 28 Maret 2013