Warga Desa Padaan Terima Bantuan Jamban Keluarga

Sumber:Suara Merdeka - 27 Januari 2014
Kategori:Sanitasi
SEMARANG- Sebanyak 87 warga Padaan, Kelurahan Podo­re­jo, Kecamatan Ngaliyan Se­ma­rang mendapat bantuan jamban keluarga, belum lama ini. Adapun bantuan tersebut berasal dari Rotary Club Region 1-2-3 di wila­yah Semarang, Kudus, dan Pekalongan. Bantuan jamban keluarga yang diperuntukkan bagi 87 rumah tangga  tersebut untuk mengurangi kebiasaan yang tidak sehat warga selama ini.

Presiden Rotary Club Se­ma­rang, Budi Laksono mengatakan, bantuan tersebut sebagai wujud kerja bersama Rotary dengan warga setempat. ”Ini merupakan tahap pertama bantuan kami dalam pengadaan jamban keluarga bagi masyarakat ekonomi lemah,” ungkapnya.

Tujuan pengadaan jamban keluarga yang dilakukan Rotary Club itu karena selama ini warga masih melakukan kebiasaan membuang hajat di sungai. Dam­pak dari kebiasaan yang tidak sehat ini tentu saja menyebabkan timbulnya infeksi pada pencernaan yang biasanya didahului dengan diare.

Dalam catatan WHO selaku lembaga kesehatan dunia, tiga juta penduduk di negara berkembang setiap tahunnya meninggal karena infeksi pencernaan. Hal ini tentu saja akan terus terjadi sebelum diketemukan akar permasalahannya.

Buka Pandangan

”Maka itu untuk memecahkan masalah tersebut kami berupaya untuk membuka pandangan warga agar di setiap rumah ada jamban yang sehat. Sehingga, warga menjadi peduli terhadap kesehatannya sendiri,” kata Budi.

Warga pun pada kesempatan tersebut juga mendapat penyuluhan kesehatan. Bahkan setelah menyadari bahwa jamban keluarga merupakan solusi untuk hidup lebih berkualitas, tidak sedikit warga yang rela mengeluarkan biaya tambahan untuk memoles jambannya dengan tambahan keramik.

Lurah Podorejo, H Nahrowi menyampaikan, terima kasih kepada Rotary Club atas kepeduliannya pada warga. ”Kini de­ngan bantuan jamban keluarga serta penyuluhan kesehatan, warga lebih peduli dan mela­kukan kebiasaan yang sehat,” katanya. (Tri, warga Desa Padaan Podorejo-72)

Post Date : 27 Januari 2014