Balangan Sebar Bak Sampah ke Perumahan

Sumber:tribunnews.com - 6 November 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Minimnya keberadaan bak sampah di wilayah Kota Paringin dan sekitarnya, membuat Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Balangan berupaya meningkatkan kebersihan kota dengan menyebar ratusan bak sampah baru.

Saat ini program tersebut masih dalam tahap persiapan untuk menyebarkan ke titik urgent tempat yang dirasa perlu, selain di wilayah kota, pihaknya juga akan menyebar di komplek-komplek perumahan, sekolah-sekolah dan instansi pemerintahan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Balangan, Karim Saudi mengungkapkan, selain bak sampah juga akan disebar bak sampah kompos dan grobak sampah.

"Jumlahnya memang agak terbatas, saat ini kami masih fokus di kota saja, untuk wilayah kecamatan-kecamatan belum mengarah kesana lagi," ujarnya, Rabu (5/11/2014).

Upaya penyebaran bak sampah ini merupakan salah satu cara pemancing bagi masyarakat agar membuang sampah jangan sembarangan lagi.

"Nanti kalau sudah disebar, masyarakat diharapkan bertanggungjawab memelihara, kalau perlu memisahkan sampah yang organik maupun non," kata Karim.

Tak hanya menyebar bak sampah, kedepan pihaknya juga akan merambah ke kecamatan, terutama akan mengupayakan membuat tempat pengelolaan sampah terpadu. "Tiga kecamatan seperti Batumandi, Paringin Selatan dan Halong sudah direncanakan, tinggal pembebasan lahannya saja lagi," ungkapnya.

Adapun jumlah bak sampah yang akan disebar yakni bak sampah pemilahan sebanyak 300 lebih, bak sampah kompos 250 lebih dan bak sampah grobak 20.



Post Date : 06 November 2014