Sumur resapan akan bantu penyediaan air bersih di Jakarta

Sumber:Sindonews.com - 19 Maret 2013
Kategori:Air Minum
Ketersediaan air bersih masih menjadi masalah serius di Jakarta. Karena itu Gubernur DKi Jakarta Joko Widodo, akan terus melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Tahun ini, menurut mantan Wali Kota Solo, pemprov melalui PDAM akan mengambil sumber air baku dari Jatiluhur, untuk kebutuhan air bersih di Jakarta.
 
"Ya, kalau yang sudah dikerjakan oleh PDAM, okelah itu kerjakan. Mereka akan ambil air bakunya dari waduk Jatiluhur," tutur Joko Widodo, Selasa (19/3/2013).
 
Selain itu, kata Jokowi, pihaknya akan membuat sumur resapan, untuk membantu menghasilkan cadangan air, yang nantinya akan berguna menghasilkan tambahan  air baku dalam tanah.
 
"Kita kerjakan tahun ini adalah sumur resapan. Ini menyiapkan. Target kita mestinya air baku bawah tanah mestinya paling tidak 20-30 tahun siap. Ini yang tidak pernah kita antisipasi," katanya.
 
Dengan lahirnya banyak sumur resapan, Jokowi yakin ketersediaan air baku untuk diolah menjadi air bersih di Jakarta bisa mencapai target 100 %, karena selama ini PDAM baru menghasilkan 60 % air baku.
 
"Tapi PDAM sendiri kan sekarang baru menyediakan 60 persen air baku. Ya kan. Jadi ya masih belum," terangnya.

Post Date : 20 Maret 2013