Program Air Pintar di Kota Kupang Dalam Tahap Identifikasi Lokasi

Sumber:tribunnews.com - 20 Agustus 2014
Kategori:Air Minum

Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kota Kupang sedang melakukan indetifikasi calon lokasi untuk menerapkan program air pintar di Kota Kupang.

Identifikasi sudah dilakukan selama sebulan di beberapa zona di Kota Kupang.

Direktur PDAM Kota Kupang, Noldy DP Mumu, SE, MM, menyampaikan hal ini kepada Pos Kupang di Kantor Walikota Kupang, Rabu (20/8/2014).

Noldy mengatakan,  identifikasi dilakukan disetiap sub zona yang ada di Kota Kupang. Dari hasil identifikasi ini akan ditetapkan lokasi-lokasi yang paling mungkin secara teknis untuk penerapan program air pintar ini.

Ia mengatakan, kemungkinan besar hanya kurang dari 10 sub zona, dan PDAM akan melakukan instalasi sistim di sub zona yang diidentifikasi paling mungkin dipasang menggunakan meteran pintar.

Menurutnya, sejauh ini PDAM Kota Kupang masih terus berupaya semua proses, dan kalau bisa tahun ini bisa dilaunching.

Tetapi, katanya, jika di lapangan masih ada kendala teknis yang terjadi termasuk dari hasil identifikasi yang dilakukan disimpulkan belum bisa melakukan running tes berarti terpaksa menunggu tahun 2015.

Ia menjelaskan, ada beberapa tahap program air pintar, tahap pertama sosialisasi dan publikasi, tahap kedua, identifikasi sub zona calon lokasi, tahap ketiga, instal sistim, tahap keempat running tes dan tahap kelima launching.

"Saat ini masuk pada saat identifikasi calon lokasi dan saatini sedang berjalan sudah satu bulan. Tahap berikutnya instalasi sistim," katanya.

Sebelumnya, PDAM Kota Kupang akan melaunching program air pintar. Program ini untuk meningkatkan kapasitas pelayanan terhadap masyarakat pelanggan PDAM Kota Kupang.

Noldy mengatakan, sebagai upaya peningkatan kapasitas layanan, PDAM Kota Kupang membuat terobosan strategis dimana akan meluncurkan program air pintar.

Noldy mengatakan, sebagaimana program listrik pintar PLN, program ini berbasis IT yang mengkoneksikan hardwear dan softwear tertentu dengan meteran air digital yang dipasang di rumah pelanggan.

Filosofi air pintar, katanya, pelanggan akan secara smart menentukan sendiri volume dan biaya rekening air berdasarkan keinginan dan kebutuhan, sehingga tidak kecolongan dalam pemakaian air seperti yang selama ini terjadi.

Ia menjelaskan, sistim yang sedianya akan dibangun PDAM Kota Kupang atas bantuan teknologi dari PT Cipta Inovasi Cemerlang Jakarta, sebuah industri air minum yang berskala internasional.

Ia mengatakan, PDAM Kota Kupang menggagas dan melakukan kerja sama dengan perusahaan ini karena dinilai sangat efektif bagi masyarakat.

Menurutnya, untuk wilayah Indonesia Timur, PDAM Kota Kupang yang pertama yang akan melaksanakan program air pintar ini.

Ia mengatakan, terhadap pelanggan baru pihaknya akan merekomendasikan untuk memasang water meter pulsa, dan pelanggan lama silahkan migrasi meter airnya dari yang manual ke pulsa dengan tambahan biaya tertentu.

Ia mengatakan, untuk pelanggan baru pemasangan meteran ada biaya tambahan sedikit. Biaya pemasangan baru masih di bawah Rp 2 juta.



Post Date : 21 Agustus 2014