Investor Malaysia Tertarik Bangun Sarana Air Bersih Di Medan

Sumber:harianandalas.com - 27 Agustus 2014
Kategori:Air Minum

Minimnya pengadaan air bersih di Kota Medan menjadi perhatian PT Degremont, investor dari Malaysia. Bahkan mereka menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Medan di bidang pengadaan sarana air bersih. PT Degremont juga menawarkan pengadaan solar cell agar Kota Medan tidak ketergantungan listrik dalam penggunaan energi.

Hal tersebut terungkap ketika Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menerima kunjungan Comercial Director PT Degremont, Aubrey Sham dan Comercial Member, Niswandi Lubis didampingi Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba di ruang khusus Balai Kota Medan, Selasa (26/8).

Aubrey Sham mengungkapkan, pihaknya tertarik berinvestasi di Kota Medan karena ada beberapa potensi yang bisa dikerjasamakan yakni membangun bisnis pengadaan air bersih karena kebutuhan air bersih di Kota Medan masih kurang.

“Pengadaan sarana air bersih masih dibutuhkan masyarakat Kota Medan. Tentunya dengan adanya kerjasama dengan PT Degremont, Pemko Medan bisa mendapatkan solusi bagaimana memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Medan,” kata Aubrey.

Berdasarkan pengalaman selama lima tahun di Kota Medan, pihaknya dapat melihat bagaimana ketergantungan masyarakat, bukan saja di Kota Medan tetapi juga di daerah lain di Indonesia, terhadap listrik sebagai sumber daya energi. Untuk itu dibutuhkan sumber energi lain yakni pengadaan solar cell.

“Potensi untuk pengembangan solar cell ini sangat besar di Kota Medan. Dengan lahan yang luas dan rata yang dimiliki, dapat menyerap cahaya matahari, jika hal ini didukung dengan kebijakan Pemko Medan, mungkin kita bisa mengembangkannya. Solar cell ini hanya menggunakan wadah atap gedung bangunan atau rumah, jadi memang butuh dukungan masyarakat,” ujar Aubrey.

Anggota DPD RI Parlindungan Purba mengatakan, pihaknya tengah berupaya menarik investor asing agar mau berinvestasi di Kota Medan dengan mengenalkan potensi-potensi yang ada. “Kehadiran investor ini kita harapkan benar-benar untuk membangun kesejahteraan rakyat, masalah air bersih, limbah, dan ketergantungan listrik di Kota Medan bisa terselesaikan,” kata Parlindungan.

Dia mengaku, seluruh anggota DPD RI yang berasal dari Sumut mendukung segala upaya Pemko Medan dan para investor asing untuk melakukan kerjasama demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Medan.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menyambut baik keinginan investor dari Malaysia (PT Degremont) membangun kerjasama dalam hal pengadaan sarana air bersih dan solar cell di Kota Medan. Pemko Medan sendiri, katanya, terbuka kepada para investror guna membangun Kota Medan.

Menurut Eldin, banyaknya gedung dan perumahan di Kota Medan nantinya dapat menggunakan air bersih dan sumber energi sendiri. Karena itu, PT Degremont diharapkan bisa segera melakukan survei dan pemetaan sehingga nantinya dapat dibuat kesepakatannya.

“Kita sadar Kota Medan masih kekurangan pasokan air bersih. Untuk itulah tawaran PT Degremont ini sangat kita hargai dan akan ditindaklanjuti. Pemko Medan terbuka kepada para investor guna membangun kota ini,” ujar Eldin.



Post Date : 28 Agustus 2014