Pemkab Minsel Akan Bangun Sanitasi di Tumpaan dan Amurang

Sumber:manadotoday.com - 9 September 2013
Kategori:Sanitasi

Dalam rangka menuju Amurang sebagai kota Adipura tahun 2014, Pemkab Minahasa Selatan (Minsel) berencana membangun sanitasi pemukiman di wilayah Tumpaan Raya dan Amurang Raya.

Kegiatan tersebut rencananya akan mulai dikerjakan tahun 2014 mendatang.

“Mudah-mudahan pembangunan ini disetujui pemerintah pusat lewat lobi yang dilakukan Ibu Bupati. Kalau sukses bukan hanya mempermulus langkah Minsel meraih Adipura, melainkan meningkatkan kesehatan lingkungan dan kualitas hidup serta kualitas SDM naik,” ujar Sekdakab Minsel, Ir. Farry Liwe kepada manadotoday.com.

Lanjut dia menjelaskan, sanitasi yang akan dibangun mencakup fasilitas persampahan, drainase yang baik, air limbah teratur termasuk WC umum. Sehingga diharapkan warga dapat merobah pola hidup terutama pengelolaan limbah rumah tangga. Nantinya proyek ini akan dibangun secara lintas sektoral.

“Ini juga memang merupakan terobosan dari ibu bupati. Di mana selain bagian dari pencapaian Adipura, juga peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat. Sebab pembuangan kotoran selama ini sangat tidak sehat.  Bila tidak diantisipasi dapat menjadi sumber penyebaran wabah. Dengan proyek ini, bisa lebih terkendali dan target Adipura juga dapat tercapai,” ketusnya.

 



Post Date : 10 September 2013