Pokja AMPL Jayapura Telah Membuat Dua Dokumen Penting Sanitasi

Sumber:iuwash.or.id - 29 April 2014
Kategori:Sanitasi

Setelah melalui proses selama setahun, Pokja AMPL Kota Jayapura akhirnya menyelesaikan Buku Putih Sanitasi dan Strategi Sanitasi Kota.

JAYAPURA. Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Kota Jayapura telah secara aktif mengimplementasikan beragam program di sektor air bersih dan sanitasi sejak 2009. Di tahun berikutnya, Pokja AMPL Jayapura pun telah menyelesaikan persiapan dan revisi dari dua dokumen penting untuk meningkatkan pembangunan sanitasi di Kota Jayapura tersebut, yaitu Buku Putih Sanitasi dan Strategi Sanitasi Kota (SSK).

Sebagai upaya kota untuk berpartisipasi dalam Program Nasional Percepatan Pengembangan Sanitasi Perkotaan (PPSP), Pokja AMPL Kota Jayapura telah menyiapkan tiga dokumen yang disyaratkan: Buku Putih Sanitasi, berisi data survei dasar mengenai kondisi terkini sektor sanitasi di kota/kabupaten sebagai panduan untuk menyiapkan SSK; Strategi Sanitasi Kota; dan Memorandum Program Sektor Sanitasi. Setelah ketiga dokumen ini siap, Pokja AMPL Kota Jayapura memantau semua kegiatan pembangunan sanitasi seperti dalam SSK dan Memorandum Program, untuk mendapatkan dukungan finansial dari anggaran kota/kabupaten atau dari sumber pendanaan lainnya.

Pada Maret 2013, Pokja AMPL Jayapura mengadakan konsultasi publik terkait Buku Putih Sanitasi dan Strategi Sanitasi Kota untuk memperlihatkan hasil-hasil terbaru dan mengkonsultasikan revisi dari isi kedua dokumen penting ini. Pokja AMPL berharap mendapatkan masukan dari pihak-pihak terkait. Berdasarkan masukan dalam konsultasi publik tersebut, Pokja AMPL lalu memperbaiki isi dan menyelesaikan SSK serta Memorandum Program sebelum dilakukan penilaian kualitas oleh Pokja AMPL di tingkat nasional.

Hadir dalam konsultasi publik tersebut adalah perwakilan dari Bappeda Jayapura, Dinas Pekerjaan Umum Jayapura dan Dinas Kesehatan Provinsi; serta tim inti dari pembuatan Buku Putih Sanitasi dan SSK, yaitu Badan Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dan Dinas Kesehatan; juga para pemangku kepentingan di sektor air bersih dan sanitasi di Jayapura.

Kepala Bappeda Jayapura, Drs. Frans Pekey, M.Si sekaligus Ketua Pokja AMPL Jayapura mengapresiasi kerja keras Pokja AMPL dalam menyelesaikan dokumen penting sanitasi yang akan dijadikan panduan strategis Jayapura dalam meningkatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi demi tercapainya target Tujuan-tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) pada 2015. “Dokumen-dokumen ini harus secara serius diimplementasikan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melalui usulan program-program dan pendanaan yang tepat,” ujar Pekey.

Walikota Jayapura, Drs. Benhur Tommy Mano, MM juga menyatakan komitmennya dalam mendukung implementasi Buku Putih dan Strategi Sanitasi Kota secara penuh. Pihaknya akan menyiapkan anggaran dan dukungan regulasi karena pembangunan sektor sanitasi sesuai dengan visi Jayapura untuk meraih penghargaan Adipura, yang antara lain mensyaratkan peningkatan akses terhadap air bersih dan sanitasi. Walikota Jayapura juga berterima kasih atas dukungan IUWASH kepada Pokja AMPL dalam mempersiapkan dokumen-dokumen sanitasi tersebut.

Firdaus Failu, SE, MM, salah satu anggota Pokja AMPL Jayapura dari Dinas Pekerjaan Umum mengakui bahwa proses penyelesaian dokumen-dokumen sanitasi tersebut membutuhkan banyak waktu karena mereka sebelumnya tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang pentingnya dokumen-dokumen tersebut, dan karena para anggota Pokja AMPL memiliki kesibukan masing-masing. “Namun, kami bertekad untuk mendorong pemerintah daerah terutama SKPD untuk segera mengimplementasikan strategi yang telah kami sepakati tersebut,” ujar Firdaus.



Post Date : 30 April 2014