IUWASH Pelopori Wirausaha Sanitasi di Desa Parungserab

Sumber:Pikiran Rakyat Online - 28 Agustus 2014
Kategori:Sanitasi

Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene (Iuwash) Usaid mempelopori wirausaha sanitasi dengan percontohan di Desa Parungserab, Soreang. Iuwash memberikan pelatihan untuk membangun jamban dengan harga murah dan sehat.

"Untuk membangun jamban ini masyarakat mendapatkan pinjaman dari BPR Kab. Bandung. Sedangkan Iuwash memberikan standard jamban yang sehat," kata Tim pendamping teknis wirausaha sanitasi Iuwash, Budi Darmawan, di Desa Parungserab, Kamis (28/8/2014).

Standard jamban, menurut Budi, membutuhkan biaya antara Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta. "Jamban ini memiliki keunggulan karena ada filter sehingga air yang dibuang dari jamban sudah bersih dari limbah sebelum dibuang ke saluran air," ujarnya.

Di Kab. Bandung, kata Budi, ada tiga desa yang menjadi percontohan yakni Desa Parungserab (Soreang), Desa Ciporeat (Cilengkrang), dan Desa Batukarut (Arjasari). "Tiga desa ini akan dideklarasikan desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) apabila 100 persen warganya sudah memiliki jamban," tambahnya.



Post Date : 28 Agustus 2014