Aa Gym Kirim Penjernih Air, Airnya Dapat Diminum Secara Langsung

Sumber:Pikiran Rakyat - 14 Februari 2005
Kategori:Aceh
AIR merupakan kebutuhan pokok yang sangat urgen bagi setiap manusia, terutama warga Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang sekarang mengalami krisis air setelah terjadinya bencana alam .

Bantuan air minum pun telah dilakukan oleh banyak pihak untuk mengantisipasi kekurangan dan krisis air di NAD. Dengan begitu, diharapkan masyarakat NAD terhindar dari dehidrasi dan kekurangan zat mineral dalam tubuh.

Namun, kebutuhan air bagi rakyat NAD tidak hanya air minum, tapi juga air bersih yang digunakan untuk memenuhi aktivitas kehidupan yang lain, di antaranya mencuci, mandi, dan memasak.

Dilatarbalakangi fakta itulah, K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) tergerak untuk turut membantu mengatasi persoalan krisis air di NAD. Pada 11 Januari 2005, Aa Gym menjadi saksi tatkala Gema Nusa Peduli Aceh mengirim 1 unit penjernih air dengan dilengkapi seorang ahli operasional, Asep Komaluddin.

Pengiriman ini dilakukan untuk mengatasi krisis air bersih yang merupakan kebutuhan mendesak warga Aceh "Satu unit penjernih air itu mampu menampung 5.600 liter air bersih per hari. Dan dari 5.600 liter/hari tersebut mampu memberikan kebutuhan air sebanyak 1.000 orang. Penjernih air ini dialokasikan di Pondok Pesantren Roudlotul Mubarokah Jempit Betung Phase Beutong Banda Aceh, sebagai tempat RPAA (Rumah Pulih Anak Aceh) sementara," ungkap Asep.

Adapun proses kerja penjernih air ini, tutur Asep, melalui tiga tahap yakni tahap air baku menjadi air bersih yang mengalami tiga kali pengendapan, tahap air bersih menjadi air minum yang terangkum dalam dua filter dan terakhir tahap air minum menjadi air pentagon.

Air baku diambil dari air rawa yang masih mengandung zat kimia (garam laut) dan dicampur dengan air dalam tanah untuk menetralisasi banyaknya zat garam lalu diproses menjadi air bersih dengan mengalami tiga proses pengendapan dan pembersihan dari zat kimia, yang terkandung dalam air di dalam suatu tabung besar. Setelah itu, air dinyatakan bersih yang siap pakai . Dari ketiga tabung pembersih tersebut masuk kedua tabung filter untuk diproses menjadi air siap minum," kata Asep.

Tatkala bersilaturahmi ke Banda Aceh, Selasa (9/2), Aa Gym pun menyempatkan mengunjungi lokasi unit penjernih air tersebut. Bahkan, begitu tiba, Aa Gym langsung menuju mesin unit penjernih air. Dan, mencicipi air minum langsung dari kran mesin unit penjernih air. "Alhamdulillaah, airnya enak seperti air mineral," ujar Aa Gym.

* *

SELAIN pengiriman instalasi air ke Banda Aceh, di lokasi pengungsian, sukarelawan Gema Nusa berkoordinasi dengan PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat) dan El Nusa membuat sumur bor untuk penyediaan air bersih guna pemenuhan kebutuhan air, baik untuk minum ataupun kebutuhan penunjang dapur umum. Gema Nusa menyediakan dapur umum yang dikoordinasi oleh Yurizal Martain (Gema Nusa Cab. Jakarta).

"Untuk dapur umum ini telah berjalan tiga pekan pascatsunami. Kami menggandeng Barzas (Badan Amil Zakat Nasional) dalam penanganan kebutuhan primer ini. Distribusi telah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan makan pagi, siang, dan malam dengan variasi menu yang jauh-jauh hari telah dipersiapkan dan disalurkan pada ratusan korban bencana alam di tempat-tempat pengungsian Lambaro dan Fatahillah," ujar Yurizal. (Achmad Setiyaji/"PR")

Post Date : 14 Februari 2005