Air Untuk Masa Depan

Pengarang:I Wayan Sudiarsa, M.Si
Penerbit:Jakarta, PT. Rineka Cipta, 2004, 103 hal
No. Klasifikasi:553. 7 SUD a
Kata Kunci:air
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Perpustakaan KLH
Kategori:Buku

Air merupakan unsur utama dalam kehidupan manusia. Manusia dapat bertahan hidup tanpa makan dalam beberapa minggu, tetapi manusia tanpa air akan mati hanya dalam beberapa hari saja. Di Indonesia air termasuk dalam kekayaan alam yang diatur dalam UUD 1945 Pasal 33, ayat 2 dan 3.

Bumi dikenal dengan predikat planet air mengingat 70 % permukaan bumi tertutupi oleh air. Ironisnya manusia sering mengalami kelangkaan air untuk dikunsumsi. Air tawar hanya 2,5% dari volume air yang ada dibumi, sedang manusia dari 1% air yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Sejalan dengan itu, World Water Assessment Programme (WWWAP), United Nationanl Scientific and Cultural Organization (UNESCO)memprediksikan tahun 2025 penduduk dunia akan mengalami kekurangan air.

Dibeberapa negara masalah terbesar bukan pada kelangkaan air, melainkan pada kekeliruan dalam menentukan kebuijakan pemanfaatannya.

Berbagai sektor dalam kehidupan manusia yang membutuhkan air. Sektor pertanian pengguna terbesar, sebanyak 80%, sedang sektor industri menggunakan air jauh lebih sedikit. Sumber - sumber air juga menglami kemrosotan mutu, yang diakibatkan oleh pencemaran limbah industri dan limbah perkotaan.
 



Post Date : 02 Agustus 2006