Aneka Peranti Pemurni Air

Kategori:Inovasi Teknologi
Referensi:Gatra

Penyuling Air Tenaga Matahari

Masyarakat pesisir tak perlu khawatir lagi pada masalah ketersediaan air tawar untuk dikonsumsi. Kini sudah tersedia alat penyulingan air laut yang cukup praktis dan ekonomis tanpa bahan bakar. Alat berjuluk Amandes ini menggunakan energi matahari dalam proses penyulingannya.

Setiap satu unit panel Amandes ukuran 80 x 68 x 30 sentimeter diperkirakan bisa menghasilkan 3 liter air tawar per hari. Selain air yang dapat langsung diminum, peranti ini juga bisa menghasilkan garam dapur. Menurut perhitungan, dari satu meter kubik air laut berkadar garam 2,5%, Amandes sanggup menghasilkan hingga 25 kilogram garam dapur yang siap pakai dan dijual. Alat ini tidak bersuara dan jelas ramah lingkungan.

Pencipta: Zantar H. Ambadar Pekerjaan: Direktur/Pendiri PT Amandes Cipta Mandiri

Menyulap Air Laut Jadi Minuman

Ini alat yang fungsinya sama dengan Amandes: mengubah air laut jadi air minum. Tapi, cara kerjanya berbeda, yakni melalui proses yang disebut osmosis balik. Menggunakan teknologi water treatment, pemurnian air laut dilakukan lewat tiga tahap.

Pertama, proses pemisahan zat besi dan mangan dengan menambahkan garam potasium permanganat (KMnO4). Kedua, penyaringan dengan tiga jenis filter: filter pasir, filter mangan zeolit, dan filter karbon aktif. Ketiga, proses desalinasi dengan membran osmosis balik. Air yang dihasilkan dapat langsung diminum.

Untuk menghasilkan air minum sebanyak 10 ribu liter per hari, dibutuhkan daya listrik sebesar 5,5 kilowatt.

Pencipta: Nusa Idaman Said, Arie Herlambang, dan Rudi Nugroho Pekerjaan: Peneliti Pusat Teknologi Lingkungan BPPT

Pompa Ajaib Pembersih Air

Melihat wujudnya, sangat mirip pompa sepeda. Tapi, fungsi alat satu ini berbeda seratus persen: menyaring sekaligus membersihkan air kotor dan keruh. Dalam prosesnya, alat ini menggunakan sistem ultrafiltrasi yang sanggup menyaring mulai dari unsur yang membuat keruh, zat organik, hingga bakteri dan virus.

Pompa ini menggunakan membran hollow fibre ultrafiltrasi. Dengan pompa, air kotor yang didesak melewati membran itu keluar sebagai air bersih. Kelebihan alat ini, mudah dioperasikan dan tanpa energi listrik.



Post Date : 19 Agustus 2009