Awas! Diare Mengintai

Sumber:Banjarmasin Post - 29 Mei 2006
Kategori:Sanitasi
Banjarbaru, BPost Memasuki musim kemarau, warga kota Banjarbaru diimbau untuk mewaspadai kemungkinan penyakit yang siap mengintai kapan saja. Jika tidak ditangani serius bisa berakibat fatal.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banjarbaru, dr Nurleny Saleh mengatakan, diare merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap muncul di saat kemarau tiba.

Penyakit jenis ini sesungguhnya sangat mudah untuk dihindari dan dicegah. Hindari makanan dan minuman yang tidak tertutup atau mengalami kontaminasi terhadap lingkungan yang kotor. Yang penting sanitasi makanan dan minuman dijaga, tandasnya.

"Karena itu, mari kita menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan, karena musim kemarau yang sudah mulai kita rasakan ini sangat mudah mengundang diare muncul dan mengintai nyawa kita semua jika tidak mengatur pola hidup sehat," imbaunya.

Diakuinya, saat ini Kota Banjarbaru belum terkena wabah penyakit mematikan itu. Walau demikian, kewaspadaan tetap harus dipasang, sebab diare mengintai siapa pun yang tidak hidup bersih.

Secara kedinasan, pihaknya tengah giat-giatnya melakukan penyuluhan kebersihan dan pola hidup bersih. Sementara stok obat di dinkes cukup.

"Mudahan saja tidak terjadi. Karena itu jaga kebersihan dan tetap makan makanan yang bergizi, menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit berbasis lingkungan," tandasnya lagi.

Yang jelas, papar Leny, puskesmas sebagai ujung tombak terdepan pelayanan kesehatan, termasuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banjarbaru terus siaga. niz

Post Date : 29 Mei 2006