Cegah Penyakit, Bangun 212 MCK

Sumber:Pontianak Post - 30 Juli 2005
Kategori:Sanitasi
Sambas,- Mencegah penularan penyakit melalui tinja, masyarakat di Desa Segarau Parit, Kecamatan Tebas membangun 212 tempat mandi cuci dan kakus. Menurut Kadis Kesehatan, Juliarti Djuhardi pembangunan dalam jumlah besar secara swadaya seiring dengan bulan bhakti gotong-royong.

"Perbaikan sanitasi ini dikarenakan masyarakat masih membangun tempat MCK di pinggir sungai. Dengan penyuluhan yang diberikan tentang kesehatan, masyarakat akhirnya mengerti dan memindahkannya ke darat," kata dia, kemarin, di ruang kerjanya.

Juliarti menyebutkan sekitar 10 persen masyarakat yang membangun jamban dan toilet di pinggiran sungai dan kebun inikan tidak baik buat kesehatan. Dikatakan dia, hal itu akan membahayakan lingkungan karena akan mudah menyebarkan bermacam penyakit baik polio maupun diare.

"Bupati Sambas turun langsung melihat pembangunan swadaya masyarakat dalam menjaga lingkungan mereka. Harapan kepala daerah, kegiatan ini terus dilanjutkan dalam menjaga kesehatan pribadi maupun wilayah," ujarnya.

Kadis Kesehatan mengemukakan toilet atau MCK yang dibangun memanfaatkan batok kelapa untuk septic tanknya. Biaya pembuatannya jauh lebih murah dibandingkan penggunaan material batu secara keseluruhan, sebutnya.

"Harapan kita masyarakat tetap menjaga kesehatan mereka dan lingkungannya. Sehingga Desa Segarau Parit tidak terkena wabah penyakit yang berbahaya," tukasnya. Juliarti menambahkan, apa yang dilakukan masyarakat desa ini hendaknya dapat ditiru desa lain. "Mudah-mudahan program pemerintah Indonesia Sehat 2010 dapat terwujud dengan dukungan seperti ini. Semoga saja apa yang dilakukan memberikan manfaat lebih besar bagi kelangsungan hidup," tandas kadis kesehatan ini. (riq)

Post Date : 30 Juli 2005