Deteksi Air Tercemar dari Warnanya

Sumber:Koran Sindo - 22 Desember 2010
Kategori:Air Minum

SALAH satu ciri air bersih adalah warna yang jernih. Apabila air lama-kelamaan berubah warna, sebaiknya waspadai. Bisa jadi ada bakteri yang telah mencemarinya. Nah berikut indikasi paparan bakteri pada air berdasarkan warnanya.

Hijau Bila air berwarna hijau, berarti air tersebut sudah tercemar cuprum/tembaga dan klorin. Nah bila air yang sudah tercemar ini dikonsumsi, kemungkinan bisa menimbul berbagai penyakit. Penyakit tersebut antara lain: batu ginjal, ginjal bengkak, gagal ginjal, mata, hidung, tenggorokan, syaraf gerak, syaraf berpikir/ingatan, idiot, dan berbagai macam jenis kanker.

Biru Warna biru ini disebabkan oleh adanya kandungan alumina sulfat, organik fosfat, racun-racun tumbuhan/pestisida. Mengonsumsi air bisabisa meningkatkan risiko terjadinya ginjal, liver, dan gangguan sistem syaraf.

Jingga Warna seperti karat ini menandakan bahwa air mengandung zat besi (Fe). Sebaiknya jangan meminum air yang sudah tercemar zat besi ini. Karena bisa memicu munculnya penyakit prostat, ketedun, maag kronis, gastritis, darah tinggi, darah rendah, jantung koroner, ambeien, asam urat, gagal ginjal, diabetes dan glaukoma.

Hitam Racun pencemarnya adalah air raksa, plumbum, timah, logam berat, kalsium, magnesium, dan seng. Penyakit yang ditimbulkannya antara lain: semua penyakit ginjal, semua penyakit syaraf, leukemia, dan hepatitis. (inggrid)



Post Date : 22 Desember 2010