Diare Serang Anak Kurang Gizi

Sumber:Suara Merdeka - 21 Desember 2005
Kategori:Sanitasi
PEMALANG- Dua anak kekurangan gizi yang dirawat di RSUD Ashari Pemalang kini mengalami diare. Namun, hal itu tak menjadikan fatal bagi mereka. Setelah dilakukan pengobatan, seorang di antaranya diperbolehkan pulang Selasa (20/12).

Humas RSUD Romdon mengatakan kedua anak kurang gizi yang terserang diare itu adalah Nabila (6) warga Kelurahan Pelutan, dan Krisnawati (7) warga Desa Wanarejan Utara. Mereka masuk rawat inap sudah satu pekan lebih, tercatat sebagai pasien kurang gizi. Tetapi, kemudian mengalami diare.

Setelah mendapatkan perawatan beberapa hari, untuk pasien Krisnawati kondisinya kini sudah membaik. Khusus Nabila masih harus dirawat. Mereka berdua adalah pasien keluarga miskin (maskin), sehingga gratis dari biaya.

"Kondisi fisik mereka stabil cenderung mengarah kepada perbaikan," ujar dia, kemarin.

Selain dua anak tersebut, terdapat satu lagi pasien balita yang dirawat di RSUD karena terserang diare. Namun, pasien yang berasal dari Dukuh Kauman, Kelurahan Kebondalem itu bukan pasien yang dikategorikan kurang gizi.

Ditambahkan, berdasarkan data di Bagian Reka Medik RSUD jumlah anak balita yang menderita diare selama tiga bulan terakhir ini mengalami penurunan.

Belum Luar Biasa

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Ashari dokter Andi Surjanto menjelaskan, munculnya sejumlah balita penderita diare tersebut belum menjadi persitiwa yang luar biasa.Hal itu wajar terjadi pada perubahan musim dari panas ke hujan. Biasanya anak-anak yang lingkungannya kurang bersih cenderung cepat terkena diare.

Para balita yang terkena diare itu tidak semuanya mengalami gizi buruk. Memang dalam teori kesehatan penderita gizi buruk akan mudah terkena penyakit penyertaan seperti radang pernafasan dan pencernaan yang berakibat diare. Namun balita yang bergizi baik pun dapat pula terkena diare jika makanan yang dimakan tidak sehat.

Dia mengimbau kepada orang tua, dalam musim pancaroba harus hati-hati menjaga perkembangan anaknya. Sebab, jika kurang hati-hati memberi makanan yang sehat, anak akan cepat terkena diare. Lingkungan sekitar juga harus bersih. Jangan sampai kotor dan penuh lalat.(sf-19)

Post Date : 21 Desember 2005