Gelar Seminar Air Minum

Sumber:Bangka Belitung Pos 25 Juni 2004
Kategori:Air Minum
Kemarin, Pemkab Bangka Selatan mengadakan acara seminar presentasi kebijakan pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL). Acara yang bertempat di ruang rapat Pemkab Bangka Selatan itu, dibuka oleh Pj Bupati Bangsel Drs. Zikri Kisai, diwakili Plh Sekkab Bangsel Syukur Rais, SH.

Hadir dalam seminar sehari itu, Kepala Bappeda Babel, Drs. Ir. Hery Suherinto, Konsultan Air Minum, Husen SE, Ir. Dormarigan, tenaga ahli air minum dan penata lingkungan dari Waspola Jakarta, Drs. Prastyo , Pokja Nasional AMPL Bangsel dan tokoh masyarakat Bangsel.

Dalam sambutannya, Syukur Rais mengatakan dengan adanya presentasi ini, diharapkan adanya kerjasama sesama instansi dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Begitu juga dengan lingkungan. Mari kita cermati air bersih di sekitar kita. Air banyak tercemar oleh limbah TI. Dengan adanya seminar ini, diharapkan kesadaran warga akan air bersih lebih ditingkatkan lagi, harapnya.

Sementara itu, pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Babel, Dr. Hery Suherinto mengatakan, kebijakan nasional pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan berbasis masyarakat.

Proyek ini dilakukan pemerintah melalui kelompok kerja lintas departemen yang diketuai Bappenas. Dengan beberapa harapan, perbaikan konsistensi aktivitas AMPL.Dikatakannya, kegiatan-kegiatan seperti lokakarya, seminar, pelatihan dan uji coba lapangan tujuan umum operasionalisasi pelaksanaan kebijakan nasional AMPL berbasis masyarakat ditingkat daerah, merupakan bahan masukan dalam pengembangan strategi dan rencana kerja ditingkat nasional.

Tujuan khusus membantu daerah di dalam meningkatkan pemahamannya tentang kebijakan nasional AMPL berbasis masyarakat, membantu daerah dalam proses pengembangan rencana kerja daerah dalam rangka keberlanjutan AMPL. Kebijakan tentang air minum dan lingkungan itu telah menjadi program Pusat. Dalam era otonomi daerah ini, Pusat mengharapkan supaya kebijakan air minum dan lingkungan menjadiprogram daerah juga, terangnya. (029)

Post Date : 25 Juni 2004