Hasil Lokakarya Konsolidasi Rencana kerja Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Daerah Propinsi Sumatera Barat (Rocky Plaza Hotel, Padang, 15-16 Februari 2006)

Penerbit:WASPOLA, 2006
Tahun Terbit:Th. 2006
No. Klasifikasi:371.37 WAS h
Kata Kunci:laporan kegiatan, konsolidasi Rencana kerja AMPL, Sumbar
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Perpustakaan WASPOLA
Kategori:Prosiding

WASPOLA adalah proyek penyusunan kebijakan nasional pada sektor air minum dan penyehatan lingkungan di Indonesia. Kegiatan ini telah memberikan pengaruh penting dalam perkembangan kegiatan air minum  dan penyehatan lingkungan (AMPL), khususnya melalui penyusunan kebijakan nasional pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat di Indonesia, yang saat ini sedang dioperasionalkan di 7 propinsi dan 21 kabupaten sejak bulan Juni 2004. Pengalaman selama operasionalisasi kebijakan tersebut dengan mengacu pada road mapping operasional kebijakan di daerah, tampak mengalami modifikasi berdasarkan kekhasan dan kondisi daerah masing-masing. Dalam upaya memperoleh gambaran lengkap pelaksanaan operasionalisasi kebijakan nasional pembangunan AMPL berbasis masyarakat pada tahun 2005 di Propinsi Sumatera Barat dan 3 Kabupaten Lokasi Waspola, dirasa perlu untuk menyelenggarakan Lokakarya Konsolidasi Rencan Daerah Pokja AMPL di daerah, yang pesertanya dari dinas/instansi serta pihak-pihak terkait daerah dan stakeholder lainnya di Propinsi Sumatera Barat.
 
Lokakarya ini dirancang untuk memetakan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan tahun 2005, dan memetakan capaian penyusunan renstra AMPL berbasis masyarakat serta operasionalisasinya bagi daerah yang sudah menyelesaikan renstra, serta mengkonsolidasikan rencana kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2006 dalam upaya menuju layanan AMPL 2015 yang berkelanjutan.
 
Lokakarya dilaksanakannya pada tanggal 15-16 Februari 2006 di Rocky Plaza Hotel, Padang. Lokakarya ini dirancang secara partisipatif dengan proses yang memungkinkan setiap peserta untuk aktif menyampaikan pendapat dan memberikan sumbangan pikitan secara kondusif. Hari pertama acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan perkenalan, identifikasi harapan dan kekhawatiran, alur lokakarya, dan aturan main pelaksanaan lokakarya. Kemudian dilanjutkan dengan sesi berbagi pengalaman pelaksanaan operasionalisasi kebijakan AMPL berbasis masyarakat tahun 2005 dan pelaksanaan penyusunan renstra pembangunan AMPL berbasis masyarakat oleh 4 kabupaten lokasi Waspola. Hari kedua dimulai dengan review kegiatan hari pertama, dilanjutkan dengan inventarisasi dan konsolidasi strategi dan prioritas pembangunan AMPL daerah menuju pencapaian pembangunan AMPL menuju MDGs 2015, berbagi informasi rencana kerja Waspola tahun 2006, inventarisasi dan konsolidasi rencana kerja Pokja AMPL Propinsi/Kabupaten/Kota tahun 2006, evaluasi, serta penutupan.
 
Output yang dicapai dalam lokakarya ini adalah adanya gambaran pelaksanaan kebijakan AMPL berbasis masyarakat pada tahun 2005, strategi pelaksanaan pembangunan AMPL yang menuju layanan AMPL 2015 yang berkelanjutan, dan gambaran mengenai rencana kerja Pokja AMPL Propinsi Sumatera Barat serta 3 Kabupaten/Kota tahun 2006 sebagai persiapan awal assessment daerah.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Singkatan

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Umum
1.3 Keluaran Lokakarya
1.4 Bahan
1.5 Metode
1.6 Waktu dan Tempat
1.7 Peserta Lokakarya
1.8 Alur Lokakarya
1.9 Jadwal Lokakarya

2. Pelaksanaan Diskusi dan Pembahasan
2.1 Pembukaan
2.2 Pengantar Lokakarya
2.3 Identifikasi Harapan dan Kekhawatiran Peserta
2.4 Berbagi Pengalaman Pelaksanaan Operasionalisasi Kebijakan AMPL Berbasis Masyarakat Tahun 2005
2.5 Berbagi Pengalaman Pelaksanaan Penyusunan Renstra Pembangunan AMPL Daerah
2.6 Inventarisasi dan Konsolidasi Strategi dan Prioritas Pembangunan AMPL Daerah menuju Pencapaian Pembangunan AMPL Tahun 2015
2.7 Berbagi Informasi Rencan Kerja Waspola Tahun 2006
2.8 Perkiraan Kebutuhan Investasi untuk Peningkatan Layanan AMPL
2.9 Inventarisasi dan Konsolidasi Rencana Kerja Pokja AMPL Propinsi dan Kabupaten Tindak Lanjut

3. Kesimpulan dan Rekomendasi
3.1 Kesimpulan
3.2 Rekomendasi
 



Post Date : 17 September 2008