Hasil Lokakarya Operasionalisasi dan Sinergi Pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Propinsi Sumatera Barat (Rocky Plaza Hotel, Padang, 14-15 September 2005)

Penerbit:WASPOLA, 2005
Tahun Terbit:Th. 2005
No. Klasifikasi:371.37 WAS h
Kata Kunci:laporan kegiatan, lokakarya, operasionalisasi & sinergi, pembangunan AMPL, Sumbar
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Perpustakaan WASPOLA
Kategori:Prosiding

Lokakarya ini membahas langkah-langkah kegiatan operasionalisasi Kebijakan dalam rangka memberikan pemahaman dasar kepada pemegang andil daerah tentang Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat. Dan Menyamakan persepsi mengenai program pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat. Beberapa bagian dari kebijakan nasional yang penting untuk diketahui oleh pemegang andil daerah antara lain latar belakang pentingnya pembaruan kebijakan di bidang AMPL di Indonesia, kebijakan umum dan strategi pelaksanaannya. Kebutuhan data dalam pengembangan program AMPL menuju pencapaian target MDGs tahun 2015 di daerah. Selain dari itu isu tentang lemahnya koordinasi antara program di sektor AMPL juga akan dibahas dalam lokakarya ini.
 
Tujuan umum dari lokakarya ini adalah untuk menyatukan persepsi program pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat dan menyepakati langkah-langkah yang perlu dilakukan secara terpadu, meningkatkan pemahaman berbagai pihak terhadap pokok-pokok kebijakan dan mengidentifikasi permasalahan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan pengelolaan pembangunan AMPL di daerah, serta bagaimana sinergisitas antar program di sektor AMPL dapat dilakukan.
 
Lokakarya dilaksanakan pada tanggal 14-15 September 2005 di Rocky Plaza Hotel, Padang. Lokakarya hari pertama ini diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan perkenalan, identifikasi harapan dan kekhawatiran, dan penjelasan alur lokakarya. Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat, diskusi menggali pemahaman mengenai pokok-pokok kebijakan nasional pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat, khusus untuk peserta daerah sebelum acara hari pertama berakhir dilanjutkan dengan diskusi teknis pelaksanaan operasional kebijakan di daerah. Hari kedua dimulai dengan review kegiatan hari pertama, dan dilanjutkan dengan sesi Membangun kepedulian terhadap AMPL berbagi pengalaman progres dari masing-masing proyek, pemetaan isu dan permasalahan AMPL Propinsi dan Kabupaten, Pengantar dan kesepakatan sistem pengelolaan data AMPL daerah, Kesepakatan rencana tindak lanjut lokakarya, evaluasi, serta penutupan.
 
Output yang dicapai dalam lokakarya ini adalah adanya tukar & bagi pengalaman progress dari proyek masing-masing, deskripsi isu dan permasalahan daerah dalam pembangunan dan pengelolaan AMPL daerah secara umum, pemahaman mengenai operasionalisasi kebijakan di daerah, kesepakatan tentang sistem pengelolaan data AMPL daerah untuk memenuhi kebutuhana data pengembangan AMPL di daerah, serta kesepakatan mengenai apa yang harus dilakukan tim untuk menindaklanjuti hasil lokakarya ini.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Singkatan

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Umum
1.3 Keluaran Lokakarya
1.4 Peserta
1.5 Waktu
1.6 Alur Lokakarya
1.7 Agenda Lokakarya

2. Pelaksanaan Diskusi dan Pembahasan
2.1 Pembukaan
2.2 Pengantar Lokakarya
2.3 Identifikasi Harapan dan Kekhawatiran Peserta
2.4 Pemahaman Daerah Terhadap Pokok-Pokok Kebijakan Nasional AMPL Berbasis Masyarakat
2.5 Diskusi Rencana Pemanfaatan Dukungan Dana Pokja Pusat
2.6 Diskusi Cakupan Data AMPL Daerah
2.7 Diskusi Langkah Operasional Upaya Pemutakhiran Data AMPL Daerah
2.8 Berbagi Pengalaman

3. Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Rekomendasi

 



Post Date : 17 September 2008