Hujan Deras Mengguyur, Dua Sungai Meluap

Sumber:Koran Sindo - 28 Desember 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
MUARAENIM – Puluhan rumah di Kecamatan Kota Muaraenim terendam banjir, Rabu (26/12) sekitar pukul 22.30 WIB. 
 
Hujan deras yang terus mengguyur menyebabkan Sungai Lematang dan Sungai Enim serta beberapa anak sungai lainnya meluap. Hujan deras mengguyur wilayah Kota Muaraenim sejak Rabu sore hingga malam hari. Akibatnya, Sungai Lematang dan Enim yang mengitari Kota Muaraenim meluap. Begitu pula dengan anak sungai, seperti Sungai Aur. Akibatnya, puluhan rumah dan jalan, terutama di kawasan Jalan Pandawa Lima,Kelurahan Air Lintang, Jalan Kartini,Narada,serta Kelurahan Pasar III,Muaraenim dan sekitarnya,terendam banjir. 
 
Bahkan, ketinggian air mencapai 1 meter. Sadar,warga Kelurahan Air Lintang, menuturkan, akibat banjir, beberapa rumah penduduk dan akses jalan tertutup. Bahkan,air masuk begitu cepat sehingga sejumlah warga tidak sempat menyelamatkan barangbarangnya.“ Banjir datang dengan cepat. Sekitar 10 menit, air sudah masuk. Untungnya, kami masih sempat menyelamatkan barang-barang,”ujar Sadar kemarin. Budi, warga Jalan Narada, mengatakan, kendati sempat mematikan aliran listrik, dia tidak sempat menyelamatkan sejumlah barang elektronik. 
 
Camat Kota Muaraenim Ipan Firmansyah mengatakan, sedikitnya 27 rumah di kawasan Muaraenim terendam banjir. Namun, tidak ada korban jiwa. Untuk mengatasi masalah banjir di kawasan ini, kata dia, solusinya dengan membuat alur sungaiAur yang berbelok-belok menjadi lurus sehingga arus sungai lebih cepat mengalir dan mengakibatkan banjir. febria astuti


Post Date : 28 Desember 2012