Inovasi Edisi No.05, Desember 2007 Energi Alternatif Bikin Irit!: Regulasi Substitusi BBM Selamatkan Krisis Energi

Pengarang:Redaksi majalah Inovasi
Penerbit:Subang, LIPI, Desember 2007, 64 hal
Tahun Terbit:Th. 2007
No. Klasifikasi:011.34 INO e
Kata Kunci:majalah, Inovasi, LIPI Subang, energi alternatif hemat energi, regulasi substitusi BBM
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Majalah

Pada INOVASI edisi akhir tahun 2007 ini dipilih tema Energi Terbarukan. Dengan bahasan yang lebih mendalam pada pelaksanaan instalasi pembangkit energi terbarukan yang telah dilakukan oleh B2PTTG diantaranya instalasi mikrohidro di Makki-Papua dan enrekang. Untuk melengkapi wawasan mengenai mikrohidro selain aspek instalasi disajikan juga aspek pengembangan masyarakat berbasis energi listrik mikrohidro.
 
Pada edisi ini redaksi juga mengetengahkan hasil karya lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMTP) tahun 2007 yang merupakan kali kedua pelaksanaan lomba inovasi yang sukses dilaksanakan mulai bulan Januari sampai penjurian akhir pada bulan Agustus 2007.Karya yang disajikan diantaranya detektor gempa dan kerupuk ikan etong.
 
Selain itu, informasi seputar dunia pangan juga bisa dijumpai dalam rubrik edisi ini. Diantaranya informasi mengenai kemasan yang dapat dimakan, teknologi Surimi untuk pengolahan hasil perikanan dan juga dalam rubrik rekayasa juga disajikan informasi mengenai pembuatan alat peranjang tempe yang bisa dipraktekkan langsung oleh para pembaca. Faktor keamanan pangan juga disajikan melengkapi info pangan edisi ini terutama pelaksanaan pembinaan UKM agar dapat menerapkan standar keamanan pangan yang disyaratkan pemerintah.
 



Post Date : 07 April 2009