Jakarta Akan Memakai "Septic Tank" Model Malaysia

Sumber:Kompas - 05 Juni 2004
Kategori:Umum
Jakarta, Kompas - Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta akan memperkenalkan model septic tank yang sudah dimodifikasi (modified septic tank) kepada masyarakat Jakarta. Model septic tank ini diadopsi dari Malaysia dan akan digunakan karena hingga kini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta gagal membangun sistem jaringan pemipaan limbah rumah tangga.

Sejak tahun 1995, Pemprov DKI berancang-ancang akan membangun TIWASS (total integrated water seweraged system). Namun, tarik ulur soal pendanaan di antara pejabat di DKI menyebabkan proyek itu gagal dibangun.

Modified septic tank ini, menurut Kepala BPLHD DKI Kosasih Wirahadikusuma, Jumat (4/6), tidak akan mencemari air tanah karena menggunakan filter yang benar- benar kedap terhadap bakteri pencemar. Biaya pembuatan septic tank ini pun relatif murah, hanya sekitar Rp 1 juta-Rp 2 juta untuk jenis septic tank perorangan.

Pemprov DKI telah melakukan studi banding untuk melihat bagaimana cara warga Kuala Lumpur membangun dan memanfaatkan modified septic tank ini. Pada tahap pertama, BPLHD akan membangun 50 septic tank untuk perorangan, satu septic tank di kawasan perumahan, dan satu septic tank untuk bangunan gedung.

Dengan septic tank itu, nantinya masyarakat dapat mereduksi pencemaran limbah air dari rumah tangganya. Diharapkan air yang dihasilkan dari limbah rumah tangga itu sudah dibersihkan dari bahan pencemar sebelum dialirkan ke sungai.

Kasus kematian puluhan ribu ikan di Pantai Ancol disebabkan karena terjadinya eutrofikasi (penyuburan yang berlebihan di laut) akibat limbah rumah tangga. (IND)

Post Date : 05 Juni 2004