Jakarta Mulai Banjir

Sumber:Kompas - 14 Januari 2006
Kategori:Banjir di Jakarta
Jakarta, kompas - Banjir tahunan yang rutin melanda sebagian wilayah Jakarta dan sekitarnya mulai kembali dialami warga sejak Kamis malam hingga Jumat (13/1). Warga yang tinggal di bantaran kali yang meluap mulai mengungsi karena air sudah masuk ke rumah dengan ketinggian mencapai satu meter lebih.

Meluapnya sejumlah kali di wilayah Jakarta menyebabkan genangan dan banjir di jalan-jalan dan rumah warga.

Lokasi pengungsian yang kerap kali didatangi warga yang rumahnya kebanjiran mulai dipenuhi pengungsi beserta barang-barang bawaan mereka.

Berdasarkan pantauan Kompas, luapan Kali Baru pada Jumat dini hari menyebabkan Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, tepatnya di sekitar perempatan Hek, digenangi air hingga ketinggian satu meter lebih.

Air meluap ke jalan setelah pintu air Hek dibuka dengan tujuan permukiman warga tidak terendam air. Sementara itu, Jakarta hingga Jumat malam masih diguyur hujan. Guyuran hujan membuat genangan di jalan-jalan semakin tinggi.

Akibat arus air yang cukup deras, banyak pengendara sepeda motor yang terjatuh. Kemacetan parah terjadi mulai dari perempatan Pasar Rebo ke arah Cawang. Petugas sempat menutup jalan ke arah Cawang selama beberapa jam karena ketinggian air cukup membahayakan.

Sementara itu, warga RT 14, RT 15, dan RT 16 RW 07 Bidara Cina yang tinggal di sekitar bantaran Kali Ciliwung, yang rumah mereka digenangi air hingga satu meter, terpaksa mengungsi ke SDN 05 Pagi Bidara Cina. Mereka merapatkan beberapa meja belajar agar bisa menggelar kasur dan tikar yang mereka bawa.

Meski pada Jumat siang ketinggian air di rumah-rumah warga mulai surut, puluhan warga masih bertahan. Kami tetap akan tidur di sekolah karena banjir bisa saja datang lagi. Yang penting anak-anak selamat, kata Yayan (30), warga RT 14.

Sementara itu, mengungsi juga dilakukan warga Kampung Pulo, Kampung Melayu. Permukiman warga di sekitar bantaran Kali Ciliwung juga terendam air.

Warga memadati gang sempit untuk menuju Jalan Jatinegara Barat guna menghindari banjir. Mereka yang membawa plastik berisi pakaian dan makanan baru bisa mengungsi di Sekolah Santa Maria seusai kegiatan belajar selesai.

Di Bekasi dan Depok

Genangan menyurut dalam beberapa jam dan benar-benar surut pada Jumat sekitar pukul 04.00. Pada siang hari warga masih sibuk membersihkan sisa lumpur di lantai rumah dan jalan.

Beberapa kompleks perumahan yang dilanda banjir antara lain Pondok Mitra Lestari, Kemang Ifi Graha, Pondok Gede Permai, serta sebagian Vila Nusa Indah, yang berada di pinggir Kali Bekasi. Genangan air juga membanjiri Perumahan Villa Pamulang di Pondok Petir, Sawangan, Depok. Luapan Kali Angke yang melintas di perumahan tersebut menyebabkan ratusan rumah tergenang air. (ELN/COK/SF)

Post Date : 14 Januari 2006