Jangan Jadikan MDGs Proyek

Sumber:Kompas - 01 Desember 2004
Kategori:MDG
Jakarta, Kompas - Tujuan Pembangunan Millenium (Millenium Development Goals/MDGs) tidak dapat disikapi sebagai proyek. MDGs lebih merupakan proses dengan seperangkat nilai universal. Karena itu, dibutuhkan kehendak politis yang kuat untuk membuat program-program yang berkelanjutan sebagai wujud komitmen bersama terkait dengan pembangunan manusia (human development).

Demikian benang merah seminar nasional di Jakarta, kemarin, mengenai pencapaian Indonesia terhadap Program Aksi Konferensi Internasional mengenai Kependudukan dan Pembangunan di Kairo tahun 1994 (ICPD) dan MDGs.

ICPD menghasilkan kesepakatan dari 179 negara mengenai kebijakan kependudukan dalam rentang waktu 20 tahun. MDGs merupakan cetak biru implementasi Deklarasi Millenium yang ditandatangani lebih dari 185 negara anggota PBB di New York, tahun 2000.

Berbicara dalam seminar yang diselenggarakan oleh Forum Parlemen Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan (IFPPD) DPR-RI serta Dana PBB untuk Kependudukan (UNFPA) itu adalah Duta Besar Khusus PBB untuk MDGs di Kawasan Asia dan Pasifik Erna Witoelar, Deputi Bidang keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Siswanto Agus Wilopo, Direktur Kependudukan Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Bappenas Yohandarwati, serta Ketua Forum Parlemen Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan H Aisyah Hamid Baidlowi.

Erna Witoelar menjelaskan, Program Aksi ICPD "meratakan jalan" bagi MDGs yang menetapkan tujuan dengan target waktu dan indikator sederhana untuk dicapai tahun 2015.

Nilai-nilai universal MDGs mencakup kemerdekaan (dari kelaparan, ketakutan, ketidakadilan, dan lain-lain), kesetaraan (antarbangsa, antarmasyarakat, dan antarjender), solidaritas (dalam mengatasi kesenjangan), toleransi (dalam keragaman, menuju perdamaian, penghargaan pada alam (dan melestarikan lingkungan), serta berbagi tanggung jawab (global, nasional, lokal).

Memberi prioritas

Menurut Siswanto, MDGs seharusnya menjadi alat untuk memprioritaskan kembali isu-isu krusial dalam pembangunan manusia. Yohandarwati mengingatkan tantangan-tantangan yang dihadapi untuk mencapai Program ICPD maupun target-target MDGs, antara lain desentralisasi, khususnya pelaksanaan fungsi-fungsi dan disparitas kapasitas keuangan daerah.

Tantangan lainnya adalah globalisasi, khususnya liberalisasi perdagangan dan mobilitas penduduk yang tinggi yang berdampak pada tingginya persebaran wabah atau penyakit. (YUN/MH)

Post Date : 01 Desember 2004