Jangan Lelah Bicara Isu Pemanasan Global...

Sumber:Kompas - 08 Desember 2009
Kategori:Greenfest

Jakarta, Kompas - Pesan-pesan dalam kampanye peduli lingkungan hidup, terutama sosialisasi isu pemanasan global, tidak akan pernah bisa mencapai tujuannya, yakni mengubah gaya hidup masyarakat, apabila hanya disampaikan dalam kurun waktu yang terlalu singkat.

Untuk itu, Green Initiative Forum sepakat untuk kembali menyelenggarakan Green Festival. ”Komitmen kita tetap lanjut karena tidak akan mungkin ada perubahan di masyarakat jika hanya menyelenggarakan GreenFest selama 1 atau 2 tahun,” kata Silvi Tirawati dari perwakilan PT Unilever Indonesia Tbk, yang tergabung dalam Tim Content GreenFest 2009, saat dihubungi, Senin (7/12).

Bahkan ada keinginan dari Green Initiative Forum (kemitraan tujuh perusahaan pendukung Green Festival, yakni Pertamina, PT Unilever Indonesia Tbk, Panasonic, Sinar Mas, MetroTV, Radio FeMale, dan Kompas, untuk menyelenggarakan GreenFest di kota-kota lain di Indonesia, selain Jakarta.

Silvi juga berharap Green Festival 2009 akan bisa mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih ”hijau” melalui segudang informasi yang telah tersaji selama dua hari, Sabtu dan Minggu (5-6/12) lalu. ”Kami masih terus mencari cara yang lebih efektif untuk menyampaikan pesan. Namun, jika dibandingkan dengan tahun lalu, materi Green Festival 2009 jauh lebih lengkap. Kami harap pesannya bisa menggaung,” ujarnya.

Materi lebih padat

Seksi Komunikasi Green Festival 2009 dari FeMale Radio, Fifi Sumarno, juga menilai penyelenggaraan Green Festival kali ini lebih baik, terutama dari sisi penyampaian materi yang lebih padat dan disebar dalam berbagai kegiatan, terutama di lima area hijau (listrik, sampah, kendaraan, air, dan pohon) serta terowongan pengalaman.

”Pada tahun ini pengunjung lebih nyaman dibandingkan dengan tahun lalu karena pengunjung bisa memilih informasi sesuai dengan keinginannya,” kata Fifi.

Green Festival 2009 yang diselenggarakan di Parkir Timur Senayan, Jakarta, dibuka oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta serta dihadiri oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pada Sabtu pagi. Pembukaan Green Festival 2009 ditandai dengan penanaman pohon, pembuatan lubang biopori, dan peluncuran buku berjudul Hidup Hirau Hijau. Pada hari kedua, Minggu, juga diselenggarakan fun bike yang diikuti sekitar 2.500 orang. (LUK)



Post Date : 08 Desember 2009