Jangan Tabu Bicara Toilet

Sumber:Tribunnews - 19 November 2012
Kategori:Sanitasi
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Toilet merupakan hal yang krusial bagi kehidupan manusia, karena toilet yang baik tak hanya akan mempertahankan kesehatan manusia, namun juga bisa membantu memperbaiki martabat, meningkatkan taraf hidup, dan memberdayakan masyarakat.
 
Inilah yang mendorong pendirian World Toilet Organization (WTO), organisasi nirlaba serta menetapkan tanggal 19 November sebagai Hari Toilet Sedunia.
 
"World Toilet Day (WTD) yang diperingati setiap tanggal 19 November, bertujuan untuk mendobrak tabu dalam membicarakan toilet, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya fasilitas dan infrastruktur toilet, serta sanitasi yang memadai," tutur Jack Sim, pendiri dan Direktur World Toilet Organization (WTO) saat peringatan Hari Toilet Sedunia, Senin (19/11/2012).
 
WTD diperingati di lebih dari 20 negara, dengan sekitar 34 acara yang diselenggarakan berbagai institusi yang peduli dan berkepentingan pada penyediaan sanitasi bagi setiap orang.
 
Tahun ini, penyelenggaraan kampanye tahunan ini dilakukan WTO bekerja sama dengan Water Supply and Sanitation Collaborative Council (WSSCC) dan tetap berusaha menyuarakan kepedulian dengan memanfaatkan situs WTD yang baru direvitalisasi di http://www.worldtoiletday.org.
 
Dengan mengakses situs ini, masyarakat dapat menemukan berbagai informasi yang mereka perlukan untuk ikut dalam gerakan berskala global ini.
 
"Di tahun 2001, WTO berdiri dan mulai menginisiasi pelaksanaan WTD untuk memberi perhatian pada kurangnya sanitasi yang baik di seluruh dunia, terutama negara-negara berkembang. Tahun ini, dengan slogan baru “I Give A Shit”, WTO kembali berusaha menarik perhatian pemerintah, sektor swasta, masyarakat sipil, dan media pada isu sanitasi yang diwakili slogan tersebut," tutur Jack.
 
Ditekankan, dukungan masyarakat untuk WTD amatlah penting untuk mendobrak tabu dalam membicarakan toilet, sarana sanitasi yang fundamental. Toilet, selain penting bagi kehidupan sehari-hari, juga bisa jadi topik diskusi yang menarik dan menyenangkan.
 
“Membuat sanitasi yang baik yang terjangkau setiap orang di dunia, dimanapun mereka berada atau berapapun uang yang mereka miliki, dapat memungkinkan kita untuk membuat langkah besar dalam mengurangi penyakit diare pada anak-anak dan memberi mereka sebuah kehidupan yang layak untuk mereka,” tambah Jack Sim.
 
Sebagai bagian dari World Toilet Day, WTO menyebarkan petisi untuk PBB agar “keep its promises” dalam pengembangan sanitasi yang baik dan air bersih –sebagai elemen dari 8 Millennium Development Goals (MDGs), yang juga meliputi pengentasan kemelaratan dari muka bumi pada tahun 2015.
 
Petisi akan diberikan pada PBB pada Millennium Development Goals Summit di September 2013. Setiap orang dapat berpartisipasi mendukung petisi ini dengan mengunjungi http://worldtoiletday.org/petition.php dan menandatangani petisi online.
 
Perhatian dari komunitas internasional mengenai kesenjangan dalam hal sanitasi, menjadi sangat penting. Perubahan pendekatan yang serius dibutuhkan untuk menghentikan jutaan kematian setiap tahun karena krisis toilet.
 
Tiap orang di tiap negara bisa membantu dengan cara mereka sendiri, dengan mendesak para pembuat keputusan, untuk melihat pada isu pentingnya kebersihan sanitasi. Hal ini agar para pembuat keputusan bisa membangun toilet di tempat-tempat yang membutuhkan.
 
Partisipasi anda pada akhirnya akan menyelamatkan hidup orang banyak. Bergabunglah dengan mengunduh toolkit kampanye di www.worldtoiletday.org dan berpartisipasi di berbagai saluran jejaring sosial yang dikelola WTO dan WTD.
 
Sebarkanlah gaung World Toilet Day dengan mem-follow twitter @worldtoiletday dan melalui tanda pagar #IGiveAShit pada 19 November 2012 ini.


Post Date : 19 November 2012