Konsolidasi Kebijakan Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (Bali, 2-6 Maret 2008)

Penerbit:WASPOLA, 2008, 2 DVD
Tahun Terbit:Th.2008
No. Klasifikasi:363.61 11 37 WAS k
Kata Kunci:DVD, dokumentasi lokakarya & talkshow, Kebijakan Nasional, Bali
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Compact Disc

Program WASPOLA yang diinisiasi Pemerintah Indonesia, didanai AusAID dan difasilitasi WSP Bank Dunia telah berlangsung sejak 1998. Pada tahun 2008, program WASPOLA berhasil menyelesaikan tugas tahap II.

Untuk itu diselenggarakan Lokakarya Nasional Konsolidasi Kebijakan Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (AMPL-BM) di Daerah di Bali pada 2-6 Maret 2008.

Tahun 2008, Program WASPOLA 2 telah diimplementasikan di sembilan provinsi dan 63 kabupaten/kota melalui Pokja AMPL Provinsi yang menjadi kekuatan diseminasi kebijakan dan implementasi pembangunan yang berkelanjutan.

Lokakarya yang dihadiri wakil seluruh daerah dampingan tahun 2004-2007, Pokja AMPL Nasional, lembaga donor, dan proyek-proyek AMPL terkait, juga narasumber yg kompeten dibidangnya ini dikemas dalam bentuk video dokumenter.

Tujuan dari lokakarya ini melakukan evaluasi, koordinasi, dan konsolidasi hasil pelaksanaan program AMPL-BM di daerah. Selain itu untuk menggali inspirasi, dan menyepakati agenda serta mekanisme tindak lanjut kegitan pusat dan daerah pascaWASPOLA.

Video yang diproduksi WASPOLA dengan pelaksana produksi dari Studio Audiovisual PUSKAT Yogyakarta ini menampilkan secara lengkap acara demi acara. Video berdurasi total 110 menit dan tersedia di Perpustakaan Pokja AMPL ini terdiri dari dua keping.

Pada kepingan pertama ditampilkan kilasan acara mulai dari pemaparan progres dan hasil pelaksanaan Kebijakan Nasional Pokja AMPL, seminar berbagi pengalaman adopsi dan implementaasi Kebijakan Nasional AMPL-BM dari para wakil proyek terkait, diskusi panel, serta diperkenalkan dunia situs.

Narasumber dari Pemerintah Pusat hadir antara lain Direktur Permukiman dan Perumahan BAPPENAS Budi Hidayat, Direktur Penyehatan Lingkungan dan Perumahan, Ditjen Cipta Karya, Dep. PU Susmono, dan Direktur Penyehatan Lingkungan Ditjen PP dan PL Depkes Wan Alkadri.

Sementara pada kepingan kedua, ditampilkan lengkap Talkshow Kebijakan Nasional AMPL-BM yang menghadirkan tiga bupati yaitu Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal, Bupati Pekalongan, Jawa Tengah, Siti Qomariyah, dan Bupati Boalemo, Gorontalo Iwan Bokings yang masing-masing menyampaikan tukar pengalaman tentang perubahan paradigma pembangunan AMPL.

Daftar Isi:

Disc 1: Dokumentasi Lokakarya
Disc 2: Talk show



Post Date : 03 Juli 2008