Laporan Kegiatan Lokakarya Pengembangan Pusat Informasi Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (PIN AMPL)

Penerbit:Jakarta, Sekretariat Pokja AMPL, 2010, ii + 12 hal
Tahun Terbit:Th. 2010
No. Klasifikasi:351 SEK l
Kata Kunci:prosiding, laporan kegiatan, administrasi pemerintah pusat, lokakarya pengembangan PIN AMPL
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Prosiding

Kegiatan Lokakarya Pengembangan Pusat Informasi Nasional Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (PIN AMPL) ini diselenggarakan sehubungan dengan rencana kerja Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) mengembangkan suatu pusat informasi yang berskala nasional. PIN AMPL ini merupakan suatu resource centre yang mengumpulkan, mengelola, dan mendiseminasikan data dan informasi yang terkait dengan AMPL di Indonesia. Keberadaan PIN AMPL ini diharapkan dapat membantu para pemangku kepentingan dalam mendapatkan data dan informasi terkait.
   
Guna mewujudkan PIN AMPL sebagai pusat informasi berskala nasional di bidang AMPL, dukungan para pemangku kepentingan sangat diharapkan. Koordinasi dan kerjasama para pemangku kepentingan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan bersama yaitu menyediakan data dan informasi AMPL yang lengkap, handal, serta mudah diakses oleh semua pihak. Terkait dengan hal tersebut, untuk menggalang dukungan dari para pemangku kepentingan, kegiatan lokakarya ini diselenggarakan untuk menghasilkan suatu rencana atau strategi untuk pengembangan PIN AMPL.
   
Prosiding ini dibuat untuk mendapatkan gambaran selengkapnya mengenai kegiatan lokakarya ini. Lokakarya dilaksanakan tanggal 13 April 2010 di Hotel Akmani, Jakarta Pusat. Peserta lokakarya terdiri dari para pemangku kepentingan dari pusat-pusat informasi, lembaga penelitian, BPS, universitas, LSM, proyek/ program terkait, lembaga donor, departemen pemerintah terkait, serta media massa.
   
Kegiatan ini menghasilkan kesepakatan konsep PIN dan urgensinya untuk mendukung pembangunan AMPL dari para pemangku kepentingan AMPL, adanya input dan masukan mengenai konsep desain PIN pengembangan material dari sisi pakar KM (knowledge managemet), praktisi media, dan peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai latar belakang terkait konsep PIN, serta adanya rencana tindak pengembangan PIN melalui pembantukan tim kecil yang akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Daftar Isi:

I.    Pendahuluan
A.    Latar Belakang
B.    Maksud dan Tujuan
C.    Keluaran
D.    Waktu dan Tempat Kegiatan
E.    Peserta
F.    Agenda Kegiatan

II.    Proses Kegiatan
A.    Sambutan dan Pembukaan
B.    Presentasi Konsep dan Desain PIN dari Pokja AMPL
C.    Pembahasan Pengembangan PIN
D.    Diskusi Kelompok dan Pleno
E.    Kesimpulan dari Diskusi Pleno

III.    Penutup
A.    Rencana Tindak Lanjut
B.    Kesimpulan

Lampiran
Sambutan Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas
Presentasi Konsep PIN AMPL
Presentasi Kajian Akademis tentang Knowledge Management
Presentasi Pengalaman World Bank dalam Knowledge Management
Hasil Diskusi Kelompok



Post Date : 05 Mei 2010