Laporan Kegiatan Peringatan Hari Monitoring Air Sedunia dan Tahun Sanitasi Internasional 2008

Penerbit:Jakarta, FORKAMI (Kerjasama UNICEF-AETRA-Jejaring AMPL-TL Usakti), 2008, ii + 19 hal + lamp
Tahun Terbit:Th. 2008
No. Klasifikasi:371.71 FOR l
Kata Kunci:prosiding, Laporan kegiatan, Hari Monitoring Air Sedunia, TSI 2008, Forkami
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Prosiding

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai peringatan dalam rangka Hari Monitoring Air Sedunia 2008 dan tahun Sanitasi Internasional 2008 dengan melibatkan siswa sekolah dan elemen-elemen masyarakat.
 Tujuan dari kegiatan ini adalah menjadikan momentum kebangkitan kesadaran dan pengetahuan siswa sekolah dan masyarakat dalam hal pelestarian sumber daya air dan aspek-aspek kualitas air terutama air minum serta meningkatkan pemahaman tentang penyehatan lingkungan (sanitasi).
 Kegiatan dilaksanakan mulai dengan edukasi ke sekolah mengenai kualitas air dan sanitasi (kunjungan dan pertemuan ke SMP 115 Tebet, jakarta Selatan) serta peringatan Hari Monitoring Air Dunia dan Tahun Sanitasi Internasional 2008, dimulai dengan pembukaan oleh Ketua Forkami, Bp. Abdullah Muthalib, dilanjutkan dengan monitoring kualitas air oleh para siswa SMP 115 didampingi oleh fasilitator dari Jurusan Teknik Lingkungan Trisakti, transect walk (penelusuran alur pencemaran penyakit di sekitar permukiman warga sekitar), pemutaran film AETRA (film tentang proses pengolahan air baku menjadi air bersih), berbagi cerita dan rencana aksi, diskusi dengan Bp. Chaeruddin mengenai kondisi lingkungan sekitar Kali Pesanggarahan dan juga nilai kearifan lokal dalam menjaga lingkungan di sekitar Kali Pesanggrahan. Setelah itu para siswa melakukan penanaman pohon di daerah lokasi uji kualitas air dan juga penangkapan bibit ikan, serta ditutup oleh Bp. Joshua L. Tobing, dari PT.AETRA.
 
Output dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan kesadaran terhadap upaya-upaya pelestarian sumber daya air dan pentingnya penyehatan lingkungan di Indonesia, peningkatan pengetahuan akan aspek-aspek kualitas air dan penyehatan lingkungan, serta perubahan perilaku dalam masyarakat yang berkaitan dengan permasalahan air dan penyehatan lingkungan.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi

I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Maksud Kegiatan
C. Tujuan Kegiatan
D. Hasil Kegiatan
E. Dampak yang diharapkan dari Kegiatan
F. Peserta Kegiatan
G. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
H. Agenda Kegiatan

II. Pelaksanaan Kegiatan
A. Edukasi ke Sekolah mengenai Kualitas Air dan Sanitasi
B. Peringatan Hari Monitoring Air Dunia dan Tahun Sanitasi Internasional

III. Penutup

IV. Lampiran
A. Undangan Kegiatan
B. Daftar Hadir
C. Materi Presentasi Kualitas Air dan Parameter Sifat Air
D. Materi Presentasi Peduli Sanitasi dan Menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
E. Lembar Hasil Monitoring Kualitas Air dan Transect Walk
F. Contoh pre-test dan post-test
G. Backgrounder, Fact-Sheet, dan Press Release
H. Dokumentasi
 



Post Date : 10 Desember 2008