Laporan Kegiatan Program Duta Air & Sanitasi Juli 2009-Mei 2010

Pengarang:AETRA, LP3ES, Johnson&Johnson, USAID
Penerbit:Jakarta: AETRA, 2010; I, 56 hal +foto + tabel + grafik
Tahun Terbit:2010
No. Klasifikasi:363.72 AET l
Kata Kunci:Laporan, Duta Air, Sanitasi, AETRA, USAID, Sekolah, Pelatihan, Kampanye
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Laporan

Dalam laporan Kemajuan MDG 2007 disebutkan bahwa 47.9% masyarakat masih menggunakan akses terhadap air dan sanitasi yang tidak aman. Disamping itu banyak terjadi kasus diare dan penyakit bawaan air lainnya seperti kolera, disentri, tipus, dan penyakit kulit sebagai akibat dari perilaku hidup bersih dan sehat yang masih rendah dimasyarakat.

Untuk itu PT AETRA bekerjasama dengan LP3ES menyelenggarakan program pendidikan lingkungan yang disebut “Duta Air dan Sanitasi”.  Melalui pendekatan “Dari Siswa, Oleh Siswa dan untuk Masyarakat yang lebih luas” program ”Duta Air dan Sanitasi”  dikembang dengan maksud membentuk agen agen perubahan cilik yang nantinya akan tumbuh dan berkembang menjadi agen perubahan lingkungan terutama mengenai kelestarian sumber daya air dan peduli sanitasi serta pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat .

Pelaksanaan Duta Air dan Sanitasi ini dimulai dengan pertemuan bersama stakeholder terkait program Duta Air dan Sanitasi, survey ke sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, pengumuman program duta air dan sanitasi kepada siswa, seleksi sekolah dan duta air & sanitasi, pendampingan, jambore air dan sanitasi, pelatihan duta dan guru, kampanye duta di sekolah, kunjungan lapangan ke Instansi pengolahan air, kampanye duta kepada publik, cerdas cermat dan diakhiri monitoring dan evaluasi kegiatan.

Dari hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa keseluruhan program dinilai sukses dan berhasil dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan diawal. 



Post Date : 21 Februari 2012