Laporan Studi Sanitasi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Perkotaan Gambaran Umum Nasional

Pengarang:PT. Waseco Tirta association with BaliFokus
Penerbit:PT. Waseco Tirta association with BaliFokus - WSP, 2006
Tahun Terbit:Th. 2006
No. Klasifikasi:363.72 Stu W
Kata Kunci:Sanitasi, masyarakat berpenghasilan rendah
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Studi Kasus
Studi ini merupakan kegiatan fast track untuk persiapan Indonesia sanitation sector development progarm (ISSDP). Hasil studi akan membantu pemahaman kondisi sanitasi di masyarakat perkotaan berpenghasilan rendah dengan mempelajari kondisi eksiting, solusi - solusi, persepsi masyarakat, kebutuhan dan hamabtan masyarakat dalam mengakses sanitasi yang baik.

Studi dilakukan terhadap masyarakat berpenghasilan rendah perkotaan didelapan kota, yaitu Bandung, Banjarmasin, Blitar, Denpasar, Jambi, Payahkumbuh, surabaya, dan Surakarta. studi ini dilakukan sejak November 2005 hingga Februari 2006. Hasil studi menunjukkan bahwa MBR perkotaan memiliki akses kepada jamban keluarga cukup tinggi, yaitu rata - rata diatas 70% kecuali di Banjarmasin dan Denpasar, meskipun tingkat kepemilikan tinggi namun kualitas sanitasinya buruk. Sebagian besar jamban yang ada tidak menggunakan pengolahan yang memenuhi syarat.

Tujuan dari studi ini adalah mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang sanitasi air limbah di masyarakat perkotaan berpenghasilan rendah di Indonesia. Informasi ini akan digunakan untuk menentukan potensi sanitasi dan pengelolaan air limbah dan intervensinya.



Post Date : 03 Januari 2007