Lebaran, Volume Sampah Bertambah

Sumber:Koran Tempo - 05 September 2011
Kategori:Sampah Jakarta
JAKARTA - Volume sampah di Jakarta meningkat selama libur Lebaran. Sampah-sampah itu berasal dari pusat belanja dan tempat-tempat wisata yang dipenuhi pengunjung selama masa liburan. "Ada peningkatan 5-10 persen," kata Kepala Dinas Kebersihan Eko Bharuna, Sabtu lalu. "Tapi sampah rumah tangga justru menurun karena sebagian besar warga Jakarta mudik."
 
Berdasarkan catatan Dinas Kebersihan, pada 31 Agustus 2011, ada 1.993,14 ton sampah dari pusat keramaian yang masuk ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang. Jumlah itu bertambah menjadi 2.263,58 ton pada 2 September 2011.
 
Untuk sampah rumah tangga, TPST Bantargebang masih melakukan pendataan. Namun volumenya diperkirakan tidak lebih dari 4.000 ton per hari. "Dalam kondisi normal sampah rumah tangga 6.000 ton per hari," kata Eko.
 
Untuk menangani sampah-sampah itu, Dinas Kebersihan mengerahkan 350 petugas kebersihan di tiap wilayah. "Di hari biasa ada 500 petugas, ketika Lebaran ada 350 petugas, tapi 150 petugas standby," ujarnya. Sedangkan untuk kendaraan pengangkut sampah disiapkan 648 truk. Eko memperkirakan mulai hari ini volume sampah di Ibu Kota kembali normal.
 
Asisten Manajer Informasi Publikasi Taman Mini Indonesia Indah Suryandoro mengatakan jumlah pengunjung Taman Mini melonjak selama libur Lebaran, sehingga tidak bisa terelakkan, sampah yang ditinggalkan pun berbanding lurus dengan jumlah pengunjung. "Kalau dihitung, sampah bisa sembilan truk sehari."
 
Masalah yang sama dihadapi pengelola Taman Impian Jaya Ancol. Untuk mengatasi sampah, pengelola mengharapkan peran serta pengunjung. "Kami meminta pengunjung memungut sampah dan mengumpulkannya dalam kantong yang kami sediakan," kata Nicke Putri, Humas PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.
 
Setiap 5 kilogram sampah yang dikumpulkan, pengunjung berhak memperoleh uang tunai sebesar Rp 10 ribu. Selain itu, disediakan lima sepeda sebagai hadiah. "Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di mana pun dan kapan pun. Termasuk pada saat berekreasi," kata Nicke. AMANDRA MUSTIKA MEGARANI | ARYANI KRISTANTI


Post Date : 05 September 2011